Selamat Hari Bhayangkara Ke- 74 | Kamtibmas - Kondusif - Masyarakat Semakin Produktif | Selamat Hari Bhayangkara ke-74

Tuesday, June 30, 2020

Ciptakan Lingkungan Madrasah Berbasis Wisata Islami

BARITORAYAPOST.COM (Pulang Pisau) - Untuk menciptakan lingkungan yang nyaman dan islami, Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Pulang Pisau membuat inovasi dengan menyulap bangunan dan lingkungan madrasah menjadi areal wisata islami.

Jika berkunjung ke lokasi madrasah yang berada di Jl. Kasturi RT XIV, Desa Mantaren I, Kecamatan Kahayan Hilir, Kabupaten Pulang Pisau tersebut, pengunjung akan disuguhi pemandangan gazebo dan jembatan dengan cat kombinasi warna-warni di bagian outdoor sekolah.


Sedangkan pada bagian bangunan madrasah juga dihiasi tulisan kaligrafi asma’ul husna yang menambah kesan islami bangunan madrasah yang berada bersebelahan dengan MAN 1 Pulang Pisau itu.

Kepala MTsN 1 Pulang Pisau, Muliani saat dikonfirmasi media ini, Selasa (30/6/2020) mengungkapkan, semua sarana tersebut dibangun guna mempercantik lingkungan madrasah sehingga warga madrasah merasa nyaman dan betah berada di lingkungan madrasah. 

Selain itu, sarana tersebut juga akan menambah daya tarik madrasah, sehingga masyarakat tertarik menyekolahkan anaknya di MTsN 1 Pulang Pisau.

Menurutnya gazebo tersebut selain tempat bersantai, nantinya bisa dipergunakan warga madrasah untuk menunjang berbagai kegiatan belajar mengajar dan kegiatan lainnya.



Ia berharap semua warga madrasah ikut merawat sarana tersebut, demi terciptanya lingkungan madrasah yang bersih dan nyaman.

Mengenai ornamen kaligrafi islami yang menghias bangunan madrasah tersebut, Muliani mengatakan, selain untuk menghias lingkungan madrasah juga untuk menampilkan kesan islami. 

“Ke depan kita berencana akan menambah kaligrafi dengan tulisan ayat-ayat  Alqur’an,” ujarnya seraya mengatakan bahwa penulisan kaligrafi berupa asmaul husna (99 nama Allah) di dinding eksterior itu dikerjakan oleh dua orang guru madrasah setempat yaitu Chandra dan Salihin. 

Keduanya merupakan guru yang juga profesional di bidang kaligrafi. Pengerjaan kaligrafi untuk satu gedung memakan waktu kurang lebih 1 minggu, ucap Muliyani yang belum lama dilantik menjabat kepala MTsN 1 Pulang Pisau ini.

Dia berharap, dengan hiasan kaligrafi pada gedung madrasah akan menentramkan hati jika dipandang, dan akan membuat semua warga madrasah merasa nyaman dan bersemangat saat berada di lingkungan madrasah (BS/Red/BRP).

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment



Contact Form

Name

Email *

Message *

Kapolda & Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah, Mengucapkan| Selamat Hari Bhayangkara ke-74 debuyandi debuyandi debuyandi
Update Data Situasi COVID-19 di Provinsi Kalimantan Tengah | per Tanggal 27 Juni 2020

debuyandi
Danramil 0906-06 Samboja & Kapolsek Samboja, Mengucapkan| Selamat Hari Bhayangkara ke-74

debuyandi
Back to Top