Selamat Hari Bhayangkara Ke- 74 | Kamtibmas - Kondusif - Masyarakat Semakin Produktif | Selamat Hari Bhayangkara ke-74

Wednesday, June 10, 2020

Camat Awang: BLT-DD yang Dianggarkan bila tidak terpakai Secara Otomatis Menjadi Silpa

Camat Awang, Kandurung, S.AP saat di wawancara diruang kerjanya, Rabu (10/6/2020). 

BARITORAYAPOST.COM (Tamiang Layang) - Upaya Pemerintah untuk mengatasi kesulitan masyarakat yang terdampak Covid- 19 dari Pemerintah Pusat, sampai ke Pemerintah Desa menyalurkan bantuan. Seperti disalah satu Pemerintah Desa (Pemdes) Janah Mansiwui, Kecamatan Awang, Kabupaten Barito Timur (Bartim) provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

Kepala Desa Janah Mansiwui Darminto, menuturkan bahwa telah menganggarkan dari Dana Desa (DD) TA. 2020 senilai Rp192 juta. Adapun peruntukan pemberian Bantuan Langsung Tunai Desa (BLTDD) 18 KK. Masih menurut Darminto pada awalnya kami mengajukan ke Dinas Sosial Provinsi 101 KK untuk mendapatkan Bansos, namun karena masih ada yang tertinggal maka pada saat Musyawarah Desa (Musdes) yang dihadiri Pemdes, BPD, Bhabinkamtibmas, Babinsa disepakati lagi mengajukan 127 KK, selang beberapa minggu keluarlah Data dari Dinas Sosial Provinsi yang masuk kategori dapat Bansos 85 KK, katanya saat diwawancarai awak media Baritorayapost.com dikediamannya, Rabu (10/6/2020).

Setelah dicek dan diverfikasi ternyata ada 4 KK tumpang tindih bantuan sehingga harus dikeluarkan. Sehingga yang diajukan ke Dinas Sosial Provinsi 81 KK ujar Darminto. Dikarenakan secara aturan tidak boleh tumpang tindih atau doble bantuan, maka hasil data terakhir yang mendapat BLTDD 18 KK, dan terkait sisa dari Rp 192 juta tidak digunakan maka nanti kami bisa menggunakan nya untuk melanjutkan Pembangunan Fisik yang sempat tertunda setelah melalui APBDes perubahan, papar kades Janah Mansiwui.

Menanggapi isue-isue yang beredar terkait Pemdes Janah Mansiwui menganggarkan Dana Desa (DD) untuk BLTDD. Secara terpisah Camat Awang Kandurung, S.AP membenarkan. "Bahwa Pemdes Janah Mansiwui telah mengganggarkan melalui Dana Desa (DD) TA 2020 senilai Rp 192 juta. Dan Pemdes Janah Mansiwui telah menyampaikan ke Kecamatan Awang, berdasarkan data yang dalam kondisi tidak tumpang tindih dengan bantuan Pusat, Provinsi maupun dari Kabupaten sebanyak 18 KK penerima, terang Camat Kandurung, S.AP diruang kerjanya, Rabu (10/6/2020).

Camat Awang pun juga sudah menyampaikan ke masyarakat Awang secara umum, khususnya masyarakat Desa Janah Mansiwui bahwa dari dana Rp192 juta ini untuk penerima 18 KK, untuk masing masing Rp600 ribu selama tiga bulan, ungkap Kandurung.

Ia menegaskan lagi, pertama bahwa BLTDD yang kami rekom berdasarkan jumlah penerima manfaat, kedua jika Dana Desa (DD) untuk BLTDD tidak terpakai maka menjadi Silpa, kemudian yang ketiga, tidak benar Pemdes semaunya, mempergunakan Dana Desa (DD) tanpa melalui, mekanisme dan Prosedur dan keempat, Jika nanti Covid - 19 berakhir, maka dana Silpa tadi bisa digunakan oleh Desa setelah melalui APBDes Perubahan dan melanjutkan pembangunan, yang sempat tertunda, tandasnya. (YCP/Kdn/Red/BRP).

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment



Contact Form

Name

Email *

Message *

Kapolda & Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah, Mengucapkan| Selamat Hari Bhayangkara ke-74 debuyandi debuyandi debuyandi
Update Data Situasi COVID-19 di Provinsi Kalimantan Tengah | per Tanggal 27 Juni 2020

debuyandi
Danramil 0906-06 Samboja & Kapolsek Samboja, Mengucapkan| Selamat Hari Bhayangkara ke-74

debuyandi
Back to Top