Selamat Hari Bhayangkara Ke- 74 | Kamtibmas - Kondusif - Masyarakat Semakin Produktif | Selamat Hari Bhayangkara ke-74

Monday, June 8, 2020

Demi Murid, Kepsek SMA Siap Melayani Sampai Mendapatkan Pendidikan yang Baik dan Bermutu

BARITORAYAPOST.COM (Tamiang Layang) - Demi menciptakan murid yang baik cerdas dan bermutu, Kepala Sekolah (Kepsek) SMA Se - Kabupaten Barito Timur (Bartim) provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), evaluasi pembelajaran di masa pandemi Corona virus desaese 2019 (Covid- 19) tanpa harus mengurangi kualitas didik.

Hal tersebut dilakukan oleh  para Guru sekaligus Kepala Sekolah yang telah melakukan pertemuan, tukar pendapat dan rencana dalam bentuk Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MMKS) SMA se - Kabupaten Bartim dalam diskusi terbuka dan transparan, sejajar, searah dan menyamakan pemikiran guna memberikan sebuah motivasi untuk membangun perkembangan dan kualitas anak didik yang lebih cerdas. Senin (08/06/2020).

Usai kegiatan, Khairul Anam,S.Pd selaku ketua MKKS SMA yang juga sebagai Kepsek SMAN 1 Banua Lima ini kepada awak media mengatakan bahwa kegiatan yang dikaksanakan adalah pembahasan antar Kepsek se- Bartim terkait Penilaian akhir tahun untuk kenaikan kelas siswa-siswi yang secara online maupun offline pada fasilitas masing-masing sekolah maupun fasilitas murid di rumah telah melaksanakan pendidikan akhir.

Khairul juga menjelaskan bahwa saat ini 11 sekolah SMA juga telah melakukan Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) yang dilaksanakan oleh seluruh sekolah SMA se Bartim, baik secara Online yang bergabung dengan portal Dinas Pendidikan Provinsi yaitu, diselenggarakan oleh SMA 1 Tamiang Layang dan SMAN 1 Dusun Tengah. Sedangkan 9 sekolah dilaksanakan secara offline atau bisa juga dilakukan online secara mandiri, ucapnya.



Adapun pembahasan terkait Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), dirinya mengatakan, sebagaimana diketahui murid baru perlu beradaptasi dan saling mengenal, baik terhadap Guru maupun teman sekolah. 

"Hal ini juga tetap dilakukan dengan mengedepankan Prosedur tetap atau mengikuti protokol kesehatan sesuai anjuran Pemerintah. Sekolah telah menyiapkan alat pengukur suhu badan, masker, hand sanitizer dan sebagainya dengan menggunakan dana Bos, guna pencegahan Covid- 19," terang Khairul Anam.

Lanjurnya, Kita tetap mengutamakan mutu dan kualitas pendidikan, walaupun Pemerintah telah melakukan kebijakan dengan memberlakukan proses belajar secara online. Kita terus mendidik murid, tidak hanya belajar, melainkan perilaku dan moral secara online melalui website masing-masing sekolah.

Untuk lebih maksimal dalam pendidikan, Khairul juga meminta agar para Guru dapat memberikan materi pembelajaran dalam bentuk video dan diharapkan memiliki handycam, agar bisa merekam materi pembelajaran dan memberikan kepada murid, baik dalam bentuk kaset maupun sebagainya, harap Khairul.

Pihaknya juga berupaya bersinergi dengan Pemerintah untuk dapat memberikan fasilitas internet atau wife di Kecamatan atau Desa kepada murid yang sulit mendapatkan akses internet dirumah. 

"Sekiranya murid dapat mengikuti pembelajaran secara berkelompok agar lebih mudah mendapat materi pembelajaran dengan fasilitas yang didapat dari Pemerintah. Intinya bagaimana pun, kami siap melayani sampai mendapatkan pendidikan yang baik dan bermutu," ungkapnya.

Kepsek SMA 1 Tamiang Layang, Istiqomah, S.Pd mengatakan pihaknya juga menerima murid yang ingin melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan fasilitas sekolah seperti komputer dan hal-hal yang diperlukan untuk belajar.

"Kita utamakan mutu pendidikan untuk murid, maka diharapkan dukungan dari orang tua untuk lebih memperhatikan anaknya dari maraknya gadget," ucap Istiqomah.

Dirinya juga berharap murid tidak hanya fokus kepada handphone melainkan lebih memanfaatkan buku sebagai media dalam pembelajaran. Lebih kontrol diri pada masa Covid- 19, jaga kesehatan dan ikuti anjuran Pemerintah.

"Anak-anak yang memiliki fasilitas internet atau wife sebaiknya lebih fokus belajar, bukan main game. Kita sudah difasilitasi dengan banyak hal, jadi digunakan lah dengan hal-hal positif," pungkasnya. (YCP/Red).

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment



Contact Form

Name

Email *

Message *

Kapolda & Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah, Mengucapkan| Selamat Hari Bhayangkara ke-74 debuyandi debuyandi debuyandi
Update Data Situasi COVID-19 di Provinsi Kalimantan Tengah | per Tanggal 27 Juni 2020

debuyandi
Danramil 0906-06 Samboja & Kapolsek Samboja, Mengucapkan| Selamat Hari Bhayangkara ke-74

debuyandi
Back to Top