Selamat Hari Bhayangkara Ke- 74 | Kamtibmas - Kondusif - Masyarakat Semakin Produktif | Selamat Hari Bhayangkara ke-74

Monday, June 22, 2020

Ini Penjelasan Kadinsos Terkait Daftar Penerima Bansos yang Dihapus

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Barito Timur, H. Rusdianoor. 

BARITORAYAPOST.COM (Tamiang Layang) - Penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) Kementerian Sosial (Kemensos) beberapa hari yang telah lewat menimbulkan beragam pertanyaan dan juga opini di tengah masyarakat.

Pertanyaan yang paling sering dikemukakan baik secara langsung maupun lewat media sosial faceebok atau WhatsApp yakni perihal, kenapa warga yang sudah terdaftar bahkan sudah menerima bansos tahap I namun pada penyaluran tahap II tidak lagi masuk dalam daftar penerima bansos atau dihapus.

Menangapi hal tersebut, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Barito Timur, H. Rusdianoor saat dikonfirmasi di ruang kerjanya menjelaskan. bahwa setelah penyaluran BST tahap I pihaknya menerima instruksi dari Kementerian Sosial agar dilakukannya verifikasi dan validasi daftar penerima BST DTKS maupun Non DTKS atau usulan baru dari pemerintah desa melalui pendataan yang dilakukan oleh RT/RW dan Pekerja Sosial Masyarakat (PSM). Dan menindak lanjuti instruksi tersebut maka pihak dinsos menyurati Pemerintah Desa supaya daftar calon penerima BST dan bantuan sosial lainnya (diluar BLTDD) dilakukan verifikasi dan Validasi ulang.agar data yang tidak sesuai yaitu meninggal (tanpa ahli waris), pindah, data tidak ditemukan, data ganda, double dapat bantuan dan penerima sudah mampu agar dikeluarkan dari daftar penerima.

"Verifikasi dan validasi melewati musyawarah desa tersebut bertujuan untuk memastikan bahwa calon penerima bansos betul-betul tepat sasaran. Dan untuk menjawab pertanyaan masyarakat perlu saya luruskan bahwa betul Dinsos menghapus daftar penerima bansos akan tetapi yang kita hapus itu berdasarkan rekomendasi hasil musdes dari pemerintah desa," jelasnya Senin (22/6/2020).

"Betul, memang dinsos yang menghapus sebagian daftar penerima BST tahap II tapi yang kita hapus berdasarkan rekomendasi hasil dari musdes yang disertai berita acara dan daftar calon penerima yang diajukan untuk dihapus. jadi bukan ujuk-ujuk asal hapus," jelas Rusdianoor.(Adi/Red/BRP).

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment



Contact Form

Name

Email *

Message *

Kapolda & Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah, Mengucapkan| Selamat Hari Bhayangkara ke-74 debuyandi debuyandi debuyandi
Update Data Situasi COVID-19 di Provinsi Kalimantan Tengah | per Tanggal 27 Juni 2020

debuyandi
Danramil 0906-06 Samboja & Kapolsek Samboja, Mengucapkan| Selamat Hari Bhayangkara ke-74

debuyandi
Back to Top