Selamat Hari Bhayangkara Ke- 74 | Kamtibmas - Kondusif - Masyarakat Semakin Produktif | Selamat Hari Bhayangkara ke-74

Thursday, June 11, 2020

Mentan RI Kembali Kunjungi Kabupaten Pulang Pisau

BARITORAYAPOST.COM (Pulang Pisau) - Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo didampingi Gubernur Kalteng, H. Sugianto Sabran kembali mengunjungi Kabupaten Pulang Pisau tepatnya di Desa Gadabung Kecamatan Pandih Batu, Kamis (11/6/2020).

Kunjungan kali ini  dilakukan sehari setelah rencana kunjungan kerja (Kungker) Presiden RI Ir Joko Widodo di Kabupaten Pulang Pisau dan DIY yang di tunda hingga waktu yang belum ditentukan.

Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo pada kunjungan kerja kali ini juga melakukan berbagai langkah dalam upaya persiapan dalam pengembangan lokasi pertanian dimana pokja percepatan ketahanan pangan Kalteng juga telah dibentuk dinas Pertanian Provinsi Kalteng yang beberapa pekan terakir juga sudah melakukan invetarisasi luasan lahan.

" Kedatangan saya ke sini diperintahkan Bapak Presiden untuk membahas dan menindaklanjuti kesiapan Kalteng menjadi lumbung pangan nasional, yang sebelumnya juga sudah kita bicarakan. Rencananya Bapak Presiden RI yang akan mengunjungi lokasi ini, namun hal tersebut di tunda," kata Mentan RI, Syahrul Yasin Limpo


Dia mengungkapkan Negara saat ini tengah menghadapi masalah serius terutama dengan menghadapi pandemi Covid 19.

Hal tersebut, lanjutnya, juga berdampak pada ketahanan pangan Negara, sehingga pemerintah pusat mempersiapkan ketahanan pangan tersebut dengan memprioritaskan lumbung-lumbungan pangan diwilayah indonesia yang subur ini.

"Pertanian akan menjadi pokok utama dalam kemajuan ekonomi karena semua orang perlu makan. Dengan bertani atau bercocok tanam dipastikan masyarakat tidak akan kelaparan dan dapat menghadapi krisis pangan," tegasnya.

Lanjutnya,  dengan dukungan semua pihak, diharapkan program Pemerintah Pusat ini dapat dikembangkan lagi tidak hanya sebatas pertanian padi, akan tetapi juga jagung, sayur-sayuran, serta buah-buahan.

"Presiden telah mencanangkan Kabupaten Pulang Pisau menjadi daerah pertanian moderen (modern farm) dan menjadi percontohan dalam pelaksanaan dan pengerjaannya modern farm. Kita harapkan ini dapat didukung oleh semua pihak," tandasnya.

Sentara Bupati Pulang Pisau, H. Edy Pratowo dalam kesempatan tersebut selain menerima KUR mandiri juga menyampaikan ucapan terimakasih atas kepercayaan pemerintah pusat dalam menunjuk Pulang Pisau sebagai pusat ketahanan pangan nasional sehingga pihaknya akan berupaya memberikan dorongan kepada para petani disemua bidang untuk menyesuaikan dengan teknik pertanian modern.

Baca Juga:

Gubernur Sugianto Sambut Mentan Kunjungi Kalteng

"Atas nama pemerintah Daerah saya menyampaikan apresiasi kepada pemerintah pusat yang telah menunjuk Pulang Pisau sebagai pusat ketahanan pangan sehingga kita akan mendorong petani untuk semakin semangat dalam mengolah lahan yang tentunya akan disesuaikan dengan sistem modern, " kata Edy Pratowo. (BS/Red/BRP).

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment



Contact Form

Name

Email *

Message *

Kapolda & Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah, Mengucapkan| Selamat Hari Bhayangkara ke-74 debuyandi debuyandi debuyandi
Update Data Situasi COVID-19 di Provinsi Kalimantan Tengah | per Tanggal 27 Juni 2020

debuyandi
Danramil 0906-06 Samboja & Kapolsek Samboja, Mengucapkan| Selamat Hari Bhayangkara ke-74

debuyandi
Back to Top