Selamat Hari Bhayangkara Ke- 74 | Kamtibmas - Kondusif - Masyarakat Semakin Produktif | Selamat Hari Bhayangkara ke-74

Wednesday, June 10, 2020

Penerapan KRPL, Kodim Sulap Lahan Kosong Jadi Produktif

BARITORAYAPOST.COM (Cilacap) - KRPL atau Kawasan Rumah Pangan Lestari merupakan program pembinaan ketahanan pangan tahun 2020, dimana Kodim 0703 Cilacap menciptakan ketahanan pangan, yaitu menyulap lahan kosong menjadi lahan produktif.

KRPL ini dibangun di kompleks Asrama Kodim, Jalan Dr Soetomo, Cilacap, Jawa Tengah.

Program ini merupakan pemberdayaan lahan yang menjadi percontohan bagi pembinaan ketahanan pangan di tingkat Koramil, bahkan sampai ke perumahan prajurit. 


Pembinaan ketahanan pangan perlu dilakukan untuk mengantisipasi adanya kesulitan dalam memperoleh ketersediaan bahan pangan, sehingga program ini diharapkan dapat mencukupi kebutuhan pokok dan menciptakan ketahanan pangan skala rumah tangga.

Perwira Seksi Teritoral (Pasiter) Kodim 0703 Cilacap Kapten Cba M Isa Saefudin selaku Koordinator KRPL mengatakan, program tersebut digagas sebagai langkah pembinaan satuan dalam menciptakan ketahanan pangan di lingkungan prajurit.

"Di dalam KRPL itu terdapat berbagai macam tanaman dan sayur-mayur, mulai dari pepaya, buah naga, cabai berbagai jenis, tomat, terong, sawi, dan tanaman sayur lainnya. Selain itu, di KRPL juga terdapat kolam ikan yang berisi ribuan ikan nila," katanya, Senin (8/6/2020).


Konsep KRPL adalah memberdayakan lahan sempit atau terbatas yang ada di sekitar perumahan prajurit. Jika program ini diaplikasikan tentu akan berguna dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga, dan secara tidak langsung dengan memanfaatkan lahan produktif akan menciptakan ketahanan pangan, baik di lingkup satuan maupun di lingkungan prajurit.

Program KRPL ini juga mendapat perhatian Korem 071 Wijayakusuma, dimana saat itu Perwira Staf Teritorial dalam hal ini pejabat Pasi Wanwil Sterrem 071 WK Kapten Inf Safari DY yang sedang melaksanakan kegiatan Waslakgiat di Makodim, menyempatkan berkunjung dan meninjau langsung program KRPL Kodim 0703 Cilacap.

"Kami dari Sterrem 071 WK sudah meninjau langsung program KRPL Kodim 0703 Cilacap, dan secara umum program ketahanan pangan sudah dilaksanakan dengan baik. Terbukti, saat kami tinjau KRPL sudah penuh dengan tanaman, baik yang masih proses pembibitan maupun yang sudah siap panen. Kami berharap program yang sudah dilakukan ini terus diberdayakan dan dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan prajurit serta keluarga," katanya. (est/Red/BRP).

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment



Contact Form

Name

Email *

Message *

Kapolda & Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah, Mengucapkan| Selamat Hari Bhayangkara ke-74 debuyandi debuyandi debuyandi
Update Data Situasi COVID-19 di Provinsi Kalimantan Tengah | per Tanggal 27 Juni 2020

debuyandi
Danramil 0906-06 Samboja & Kapolsek Samboja, Mengucapkan| Selamat Hari Bhayangkara ke-74

debuyandi
Back to Top