Selamat Hari Bhayangkara Ke- 74 | Kamtibmas - Kondusif - Masyarakat Semakin Produktif | Selamat Hari Bhayangkara ke-74

Monday, June 29, 2020

Polres Bartim Berhasil Ungkap Kasus Curat dan Pencabulan Anak Dibawah Umur

BARITORAYAPOST.COM (Tamiang Layang) - Kepolisian Resor Barito Timur melakukan perss release dari 4 kasus tersebut yakni, Pencurian dengan pemberatan (pencurian sarang burung walet), kasus penggelapan SPBU dan dua kasus persetubuhan serta kasus pencabulan anak dibawah umur. Pada keempat kasus tersebut, Jajaran Polres Bartim berhasil mengamankan 5 tersangka.

Empat pengungkapan kasus berbeda dengan tersangka masing-masing. Yakni, Toni Sumitro alias Toni dan Untung alias Kentang dalam curat dan pengungkapan kasus pencabulan anak di bawah umur, yang terjadi di desa lebo RT.003 RW.004 kecamatan pematang karau, kabupaten barito timur, propinsi kalimantan tengah. Senin (29/6/2020). Press release yang dilaksanakan di halaman Media Center Sarja Arya Kencana Polres Bartim, Senin (29/6/20).


Laporan polisi nomor lp/03/vi/res,1.24 /2020 / kalteng / res bartim i sek patangkep tanggal 23 juni 2020 dan surat perintah penyidikan nomor sp sidik/03vi/res. 1.24 / 2020 /reskrim. tanggal 23 juni 2020.

Kapolres Bartim AKBP Hafidh Susilo Herlambang, SIK mengatakan, "Lima orang tersangka dalam kasus yang berbeda digelandang Jajaran Polres Bartim. Kasus yang berhasil diungkap diantaranya, pencurian dengan pemberatan (curat), pencabulan, dan penggelapan. Dari panatauan lapangan Polres Bartim mengeluarkan beberapa barang bukti hasil kejahan berupa uang tunai senilai ratusan juta, sarang burung walet, dua unit motor dan pakaian saat melalukan pencabulan pun diamankan.

“Kedua tersangka terlibat kasus pencurian sarang burung walet dengan dua TKP Ampah dan Tamiang Layang, para tersangka memiliki peran sebagai juru kunci pemanen dan sebagai pembantu menguras budidaya sarang burung wallet milik korban secara bersama-sama. Toni mengarahkan Untung untuk melarikan hasil panen yang telah disisihkan," terang Kapolres.

“Dari hasil pengungkapan berhasil diamankan 22 kilogram sarang burung walet yang diuangkan mencapai Rp175.350.000,- sebagi barang bukti hasil kejahatan,” ucap kapolres dalam perss release yang diterima redaksi media Baritorayapost.com, Senin (29/6/20).



Pada kesempatan yang sama, kapolres Bartim menjelaskan, kita juga berhasil menangkap lasus percabulan. Diantaranya tersangka Reza Pradana (28) melakukan kasus pencabulan di Polsek Patangkep Tutui. Pelaku menodai korban AR (15) dengan modus iming – iming uang serta di bawah pengaruh alkohol. Masih dengan kasus pencabulan namun di Polsek Pematang Karau dengan tersangka Wira Mustika (20) dengan korban JT (16) dimana pelaku dan korban sebagai teman.

“Modus pelaku merayu korban dan kejadian sejak 2019 dan diakui sudah sepuluh kali berhubungan badan sehingga korban saat ini tengah hamil enam bulan,” terang kapolres Bartim.

Dikatakan Kapolres lagi, dari Polsek Dusun Tengah yang berhasil mengungkap kasus penggelapan BBM dengan tersangka AP (23). Menurut dia, tersangka karena jabatannya melakukan kecurangan pada mesin pengisian BBM di SPBU Ampah. Kasus ini diketahui ketika korban mengalami kerugian yang diperhitungkan mencapai miliaran rupiah. Dengan barang bukti (BB) 8 lembar rekapan laporan perhitungan selisih teler monitor digital dan teler manual pada tanggal 25 Mei 2020 sampai dengan tanggal 06 Juni 2020, kemudian 1 unit sepeda motor merk kawasaki ninja 250 Nopol DA 5700 VG berserta BPKB unit tersebut serta uang Rp. 5.660.000,-

Pasal yang disangkakan, sebagaimana yang dimaksud dalam pasal 374 JO pasal 64 KUHPidana, dengan ancaman Hukuman 5 tahun Penjara, tandas kapolres Bartim. (YCP/Kdn/Boy/Red/BRP).

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment



Contact Form

Name

Email *

Message *

Kapolda & Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah, Mengucapkan| Selamat Hari Bhayangkara ke-74 debuyandi debuyandi debuyandi
Update Data Situasi COVID-19 di Provinsi Kalimantan Tengah | per Tanggal 27 Juni 2020

debuyandi
Danramil 0906-06 Samboja & Kapolsek Samboja, Mengucapkan| Selamat Hari Bhayangkara ke-74

debuyandi
Back to Top