Selamat Hari Bhayangkara Ke- 74 | Kamtibmas - Kondusif - Masyarakat Semakin Produktif | Selamat Hari Bhayangkara ke-74

Wednesday, June 10, 2020

Pra-Bencana Karhutla Perlu ada Kesiapan Hadapinya

 

Bupati Gumas Jaya S Monong didampingi Plh Pabung Gumas Kodim 1016/PLK Kapten Inf M Ayyuf, saat mengecek kesiapan anggota pada apel kehormatan di depan kantor bupati setempat, Rabu (10/6/2020). 

BARITORAYAPOST.COM (Kuala Kurun) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunung Mas (Gumas) bersama forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) mengelar apel untuk persiapan penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).  Sehingga menjadikan agenda rutin, maka upaya penangulangan mulai dari pra-bencana yang lebih penting dilakukan.

Turut hadir dalam pelaksnaan apel gelar pasukan tersebut yakni, Bupati Gumas Jaya S Monong, Wakil Bupati Gumas Efrensia LP Umbing, Sekda Gumas Yansiterson, Wakil Ketua DPRD Gumas Binartha, Wakapolres Gumas Kompol THeodorus Priyo Santosa, Plh Pabung Gumas Kodim 1016/PLK Kapten Inf M Ayyuf, Perwakilan kejari Gumas Kasi Pidsus Agus, Wakil ketua PN Gumas Surtiyono, SH MH, Wakil Ketua PA Gumas M Misbachul Anam SHI MH, dan Kepala OPD setempat.



''Menyingkapi terjadinya bencana Karhutla, maka kita menganggap sudah menjadi agenda rutin maka perlu upaya penggulangan, mulai dari pra-bencana yang menjadi lebih penting dilakukan apabila kita percaya bahwa mencegah lebih baik daripada menangulangi,” ucap Jaya S Monong saat, membacakan sambutannya, Rabu (10/6/2020).

Meski demikian, lanjut dia menyebut, bahwa setiap wilayah memiliki potensi bencana, pasalnya disebabkan oleh berbagai factor baik alam bahkan yang non alam termasuk oknum yang tidak bertanggung jawab. Sehingga, sulit diprediksi dan diantisipasi.

“Karena itulah, tindakan yang bisa kita lakukan ini adalah upaya penanganan pada saat terjadi bencana maupun pasca bencana karhutla di wilayah kita khususnya di Gumas,” terangnya.

Lebih lanjut dikatakan Jaya, bahwa bencana kabut asap akibat Kerhutla, hal tersebut di sebabkan oleh factor ulah manusia relative dapat diprediksi dan diantisipasi. Karena peristiwa ini sudah berulang kali terjadi terutama pada saat musim kemarau yang panjang, sehingga dapat memicu aktivitas penduduk yang membakar.

“Salah satu, kegiatan penangulangan pada tahapan pra bencana maka dari itu saya sangat apresiasi kegiatan apel gelar pasukan persiapan penanganan karhutla tahun 2020 yang kita laksanakan hari ini,” tutup Jaya. (Gms/Red/BRP)

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment



Contact Form

Name

Email *

Message *

Kapolda & Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah, Mengucapkan| Selamat Hari Bhayangkara ke-74 debuyandi debuyandi debuyandi
Update Data Situasi COVID-19 di Provinsi Kalimantan Tengah | per Tanggal 27 Juni 2020

debuyandi
Danramil 0906-06 Samboja & Kapolsek Samboja, Mengucapkan| Selamat Hari Bhayangkara ke-74

debuyandi
Back to Top