Selamat Hari Koperasi Indonesia, 12 Juli

Friday, June 12, 2020

Rapid Test Massal di Gumas Puluhan Orang Terbukti Reaktif, Begini Saran Jubir Satgas

 

Kapolres Gumas AKBP Rudi Asriman didampingi Kabag Ops AKP Aries N Ishak ketika petugas medis mengambilkan sample darah untuk di test taman kota Kurun, Selasa (9/6/2020) lalu. 

BARITORAYAPOST.COM (Kuala Kurun) - Hasil dari rapid test secara massal yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunung Mas (Gumas) melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat, pelaksanaannya selama dua hari berturut-turut di taman Kota Kurun, yang mana  menjangkau warga di pasar lama dan pasar baru, mereka terdiri dari Tukang Ojek, Pedagang, Tukang Parkir dan termasuk pejabat setempat.

Hal itu dijelaskan, Kepala Dinkes selaku Jubir Satgas Kabupaten Gumas Maria Efianti menyebut, bahwa pada hari pertama dan kedua dilakukannya rapid tes yang diikuti  ratusan peserta tes. Yang mana dari warga pasar lama dan pasar baru, namun untuk lamanya dilakukan dari jam 8 pagi hingga siang pukul 12. Pasalnya itu, untuk mengetahui seberapa banyak mereka yang reaktif dan non reaktif.

“Hari pertama diikuti rapid tes secara massal dijadwalkan di pasar lama Kurun, ada 124 orang yang ikut tes jadi terdapat ada 18 orang reaktif dan hari kedua ada 104 orang juga yang reaktif ada 18 orang, jadi jumlah dua hari berturut-turut ada 36 orang dari 228 orang ikuti rapid test itu,” sebut Maria Efiantie saat dibincangi awak media, Jumat (12/6/2020).



 Kasat Lantas Gumas AKP Rikky.

Selain di rapid tes bagi yang reaktif, lanjut dia menuturkan, nantinya mereka akan dilakukan jadwal untuk dilakukan tindakan swab. Sehingga, dilakukan pengiriman ke Palangka Raya, tergantung lama di proses disana dan setelah itu tinggal menunggu hasil.

“Kami sudah menjadwalkan kembali bagi mereka yang reaktif, untuk dilakukan swab kepada mereka dari 36 orang tersebut, dan kami sudah menghubungi mereka dan tidak ada penolakan dan saran kami kepada mereka untuk isolasi mandiri dulu sebelum dan hasil swab keluar,” ujarnya.




Begitu juga mereka, kata dia menambahkan, bagi yang non reaktif tersebut akan dilakukan rapid tes ulang lagi, yang akan dilaksanakan pada bulan Juni ini. Kemudian, bagi yang ada reaktif maka akan dilakukan swab juga kepada mereka.

“Bagi mereka yang ikut tes massal kemarin hasilnya non reaktif akan di rapid tes kembali dan jadwalnya pada Tanggal 16 dan 17 Bulan Juni ini juga, apabila ada yang reaktif dari mereka itu, maka dilanjutkan swab kembali, kalau hasil swab itu paling lama dua atau tiga hari biasanya,” tutup dia.(Gms/Red/BRP)

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment



Contact Form

Name

Email *

Message *

Peta Sebaran Kasus COVID-19 | di Provinsi Kalimantan Tengah Tanggal 14 Juli 2020

debuyandi
Back to Top