KPHL Gerbang Barito Unit IX Rangkul Warga Madara Jadi Masyarakat Peduli Api

BARITORAYAPOST.COM (Buntok) – Kesatuan Pengelolaan Hutan Lindung (KPHL) Gerbang Barito Unit IX Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) merangkul puluhan warga Desa Madara Kecamatan Dusun Selatan (Desel) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) untuk menjadi Masyarakat Peduli Api (MPA).

Kepala KPHL GB Unit IX Abdurrahman, S.Hut.,MP dalam  kegiatan Pembentukan dan Pembinaan MPA Barsel, Senin (6/7/2020) di Desa Madara mengungkapkan, bahwa kegiatan tersebut dilakukan berdasarkan Permen LHK Nomor 32 Tahun 2016 tentang pengendalian kebakaran hutan dan lahan.

Bacaan Lainnya

Dijelaskan Abdurrahman pula, bahwa pihaknya akan membentuk MPA pada empat Desa di Kecamatan Dusel dan satu Desa di Kecamatan Jenamas.



“Setelah Desa Madara ini, kami akan membetuk MPA di Desa Sababilah, Baru, Bambaler, dan Desa Rantau Kujang Jenamas,” ulasnya.


Baca Juga: Barsel

Ia menambahkan dari pantauan dan pengamatan KPHL, sejumlah desa tersebut merupakan desa yang rawan akan terjadi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).


“MPA ini akan di berikan pelatihan, dari teori hingga praktek cara menggunakan peralatan yang dipakai untuk memadamkan api di tempat kejadian perkara,” tutup Abdurrahman. (Laily/Red/BRP).

Pos terkait