-->
SELAMAT & SUKSES ATAS DILANTIKNYA KEPALA DINAS PUPR BARTIM | YUMAIL J PALADUK, ST.,MAP | OLEH BUPATI BARITO TIMUR AMPERA AY MEBAS, SE.,MM

Tuesday, 25 August 2020

Babinsa Melaksanakan Pendampingan Kepada Puskesmas Karatung Musnahkan Obat-Obatan Tidak Layak Komsumsi

Talaud, - Bertempat di Lokasi Puskesmas Karatung Babinsa Karatung Selatan, Sertu VB. Moningkey bersama Babinkamtibmas Kartung Selatan, Brigadir Devianto Lu'a melaksanakan kegiatan pendampingan kepada anggota Staf Puskesmas Karatung dalam rangka pemusnahan obat-obatan yg sudah tidak layak dikonsumsi (kadaluarsa) oleh masyarakat apabila yang sakit, Selasa (25/8).

Diperkirakan ada 125 macam obat yang dimusnahkan baik dalam bentuk cairan maupun dalam bentuk tablet beserta sarana prasarana yang sudah tidak layak pakai, seperti alat suntik dan alat saluran kencing.

Adapun kegiatan pemusnahan obat-obatan tersebut adalah sebagian besar hasil dari swepping dari kios/warung/toko masyarakat yang ada di pulau Karatung dan sebagian dari Puskesmas Karatung sendiri.



Kapus Karatung, Ibu Mariani Maarisit, M.Kep. membenarkan adanya kegiatan pemusnahan obat-obatan yang sudah tidak layak dikomsusi dan sarana prasarana yang sudah tidak layak dipakai lagi. "Dan selama ini Koramil 06 Nanusa dan Polsek Nanusa selalu dan selalu membantu kami dalam hal kegiatan-kegiatan yang bersifat edukasi maupun protokoler. Semua itu tidak luput dari koordinasi, komunikasi dan informasi," ungkap Kapus Karatung Ibu Mariani Maarisit, M. Kep.

Dilain  tempat, Danramil 1312-06/Nanusa, Letda Inf Daud Tinuwo yang masih berada di Makodim 1312 Melonguane membenarkan adanya kegiatan pendampingan Babinsa dan Babinkamtibmas Karatung Selatan kepada Staf Puskesmas Karatung dalam rangka pemusnahan obat-obatan yang sudah kadaluarsa atau yang sudah tidak layak dikomsumsi lagi oleh masyarakat setempat. Obat-obatan tersebut hasil dari kegiatan swepping dari tahun 2019 lalu atas kerja sama Staf Puskesmas bersama TNI Polri di Pulau Karatung.

Kegiatan tersebut mendapat respon dari masyarakat dan dari berbagai pihak yg berada di Kec. Nanusa, karena memang sudah menjadi kewajiban bagi para medis yang bertugas di pulau-pulau terluar agar masyarakat yg berdomisili di Kepl. Nanusa ini agar terjaga dan terjamin kesehatannya baik anak-anak maupun orang dewasa dan orang tua Lansia, lanjut Danramil 06 Nanusa.

Kegiatan pemusnahan obat-obatan tersebut  berjalan lancar sesuai dengan yang telah direncanakan dari pihak Puskesmas Karatung dengan berkoordinasi dengan pihak Koramil 06 Nanusa serta Polsek Nanusa.

"Disela-sela pelaksanaan kegiatan pemusnahan tersebut, kegiatan ini dilaksanakan secara periodik tiap tahun berjalan," ungkap salah satu staf Puskesmas Karatung, Ibu Treysye Maatilu.

Ucapan terimakasih juga disampaikan oleh Ibu Mariani Maarisit, M.Kep kepada anggota Babinsa dan Babinkamtibmas Karatung Selatan atas bantuan yang diberikan selama ini khususnya pada pelaksanaan kegiatan pemusnahan obat-obatan dan sarana prasarana kesehatan tersebut. (Red).

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Contact form

Name

Email *

Message *

Back to Top