-->
SELAMAT & SUKSES ATAS DILANTIKNYA KEPALA DINAS PUPR BARTIM | YUMAIL J PALADUK, ST.,MAP | OLEH BUPATI BARITO TIMUR AMPERA AY MEBAS, SE.,MM

Thursday, 27 August 2020

Bupati Bartim Ampera Y Mebas: Mou Ini Jalan Mencapai Kesejahteraan Bagi Daerah

Bupati Bartim Ampera Y Mebas tandatangani MoU Jalan Pertamina.  

BARITORAYAPOST.COM (Palangka Raya) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah akhirnya menandatangani nota kesepahaman (MoU) lebih cepat dari yang ditagergetkan. Dalam rapat koordinasi yang berlangsung pada 5 Agustus 2020 di Aula jayang Tingang Kantor Gubernur Kalteng, ditargetkan nota kesepahaman itu ditantatangani 31 Agustus 2020. Tetapi kenyataannya, tanggal 27 Agustus 2020 MoU tentang optimalisasi dan pengelolaan Jalan Pertamina di Barito Timur sudah ditandatangani.

Nota kesepahaman tentang optimalisasi dan pemanfaatan jalan hauling dan landing site Pertamina di kabupaten Barito Timur  itu  Kamis (27/8/2020) siang ditandatangani oleh Gubernur Pemprov Kalteng, Dirut PT Pertamina dan Bupati Barito Timur.

Rapat tersebut diikuti oleh Direksi PT Pertamina dan Direksi PT Patra Jasa, Komisi Pemberantasan Korupsi, Kejaksaan Tinggi dan Gubernur Kalimantan Tengah yang diwakili oleh Sekda Fahrizal Fitri serta Bupati Barito Timur.

Selain itu, rapat tersebut juga diikuti oleh para Bupati/Walikota dan Kejaksaan Negeri se-Kalimanatan Tengah secara vitual. Karena acara MoU dengan Pertamina ini juga dibarengi dengan program pemberantasan korupsi yang dilakukan pihak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).



MoU antara Pemprov Kalteng dengan PT Pertamina tentang optimalisasi jalan hauling  di Barito Timur adalah bagian dari upaya KPK dalam pemberantasan korupsi, yaitu penegakan hukum pemulihan aset negara. Sebagaimana diketahui, jalan hauling sepanjang 60 km itu selama ini, yang notabene adalah aset negara yang dikuasai dan dikelola oleh pihak-pihak yang tidak berhak.  Dan seperti ditegaskan oleh Kejaksaan Tinggi, menguasai asset negara secara tidak berhak adalah perbuatan korupsi.

“Kami sebagai Pemerintah Kabupaten mengikuti saja apa yang disepakati Pemerinah Provinsi dengan PT Pertamina. Ini yang terbaik untuk kemajuan daerah. Dengan  MoU ini, maka kita yakin bahwa kesejahteraan daerah nantinya akan dapat dicapai dan dirasakan,” kata Bupati Barito Timur kepada Baritorayapost.com seusai acara penandatanganan MoU di kantor Gubernur.

Baca Juga:

Dirut Pertamina Harapkan Aset Jalan di Bartim Tingkatkan PAD Kalteng

Dengan optimalisasi yang akan dilakukan PT Pertamina ini, ia beharap pengelolaan jalan tersebut menjadi jauh lebih baik, dan itu berarti membawa kemajuan bagi Barito Timur.  Ia berharap ke depan, pengelolaan oleh BUMN itu bisa menggandeng BUMD dan memberi kontribusi kepada daerah melalui pos Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Lalu bagaimana dengan masyarakat terutama  BUMDes? Bupati Ampera mengaku belum mendapat gambaran yang jelas bagaimana formula kerjasama dengan pihak BUMDes. “Yang pasti, kami berharap agar CSR untuk masyarakat sekitar jalan dimaksimalkan,” harap Ampera. (yes/red/BRP).

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Contact form

Name

Email *

Message *

Back to Top