-->
SELAMAT DATANG DI WEBSITE MEDIA ONLINE | BARITORAYAPOST.COM

Friday, August 28, 2020

Ketika Mahasiwa UMM Implementasikan Keilmuannya di Desa Kanamit Barat

Pulang Pisau,- Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Universitas Muhamadiyah Malang (UMM) sebagai studi yang dilakukan di tengah-tengah masyarakat di Desa Kanamit Barat Kecamatan Maliku Kabupaten Pulang Pisau dalam mengimplementasikan keilmuan yang dimiliki dari berbagai disiplin ilmu yang untuk selanjutnya dapat diterapkan di tengah-tengah masyarakat secara berkelanjutan diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat.

Adelia Devi bersama rakannya Rofi'i septiarini, Melia Kusuma Dewi yang tergabung dalam PMM UMM kelompok 42 di Desa Kanamit Barat, Kecamatan Maliku, mengaku bangga bisa mengimplemetasikam keilmuan yang dimiliki kepada masyarakat Desa Kanamit Barat.

Menurutnya, dalam kegiatan PMM ini, dia bersama rekan-rekannya memberikan edukasi terhadap masyarakat tentang pandemi Covid-19 ini, sebagai upaya untuk mencegah penularan virus covid-19 yang masih belum berakhir ini. 

"Dampak dari pandemi covid-19 ini, keadaan masyarakat Indonesia banyak mengalami perubahan, diantaranya pengasilan dan ekonomi menurun sebagai keadaan darurat yang menyebabkan banyaknya penurunan kesejahteraan sosial di masyarakat, " ujarnya.

Sebagai mahasiswa kata Adelia, sudah kewajibannya bekerja sama dengan perangkat desa dan karang tarunanya yang terhitung sejak tanggal 6 Agustus sampai 6 September 2020, melakukan kegiatan PMM guna membantu dan memulihkan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang mulai menurun pada situsi seperti ini. Salah satunya, kanjutnya, dengan cara melakukan pengabdian kepada masyarakat, khususnya di Desa Kenamit Barat.



“Harapan kami, kegiatan PMM dari UMM ini dapat memberi nilai manfaat dalam memulihkan perekonomian warga, khususnya juga dapat membantu warga untuk mencegah serta memutus rantai penyebaran virus Covid-19," ungkapnya.

Adelia juga mengatakan, pada saat ini Indonesia sudah mulai memasuki adaptasi kehidupan baru atau biasa disebut new normal. Dimana masyarakat dapat beraktivitas tetapi diharuskan memperhatikan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan pemerintah.

Pada masa new normal yang telah diberlakukan sejak 10 Juni 2020 lalu, protokol new normal sudah tertera dalam Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK. 01. 07/MENKES/328/2020. Tetapi pada realitanya, masih banyak masyarakat yang belum mematuhi peraturan new normal tersebut.

Terbukti dengan sejak diberlakukannya new normal lanjutnya, angka penderita Covid-19 kembali lebih meningkat dari sebelumnya. Oleh karena itu, mahasiswa kelompok 42 PMM UMM 2020 menjalankan beberapa program kerja di Desa Kanamit Barat sebagai langkah untuk membantu masyarakat selama pandemi Covid-19 ini. 

"Beberapa kegiatan yang dilakukan yakni berupa kegiatan sosialisasi masyarakat yang bekerja sama dengan remaja karang taruna mengenai pentingnya new normal dalam bermasyarakat, " imbuhnya.

Selain itu, kata Adelia, pihaknya juga melaksanakan kegiatan membagikan masker dan hand sanitizer gratis kepada lansia, anak-anak dan masyarakat umum dimana dapat meringankan kebutuhan masker serta hand sanitizer bagi masyarakat yang membutuhkan. 

"Juga melaksanakam program kerja membuat wastafel daur ulang bagi masyarakat umum juga dinilai efektif guna memperkecil potensi penyebaran covid-19 di Desa Kanamit Barat," jelasnya.



Harapan kami, Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Universitas Muhamadiyah Malang (UMM) sebagai studi yang dilakukan di tengah-tengah masyarakat dapat bermanfaat bagi masyarakat dalam mengimplementasikan keilmuan yang dimiliki oleh setiap mahasiswa dari berbagai disiplin ilmu yang untuk selanjutnya dapat diterapkan di tengah-tengah masyarakat secara berkelanjutan. (BS/Red).

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment



Contact Form

Name

Email *

Message *

UPDATE TERBARU SEBARAN KASUS COVID-19 | DI KABUPATEN BARITO UTARA | 14 SEPTEMBER 2020 debuyandi
GUBERNUR KALIMANTAN TENGAH & ISTRI | Mengucapkan DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA KE- 75 TAHUN | INDONESIA MAJU
debuyandi



SEKRETARIS DAERAH PROVINSI KALIMANTAN TENGAH & ISTRI | Mengucapkan DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA KE- 75 TAHUN | INDONESIA MAJU
debuyandi
DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA KE- 75 TAHUN | 1NDONESIA MAJU
debuyandi
KAPOLRES GUNUNG MAS | Mengucapkan DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA KE- 75 TAHUN | INDONESIA MAJU
debuyandi

KAPOLRES BARITO SELATAN | Mengucapkan DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA KE- 75 TAHUN | INDONESIA MAJU
debuyandi

KAPOLRES BARITO TIMUR | Mengucapkan DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA KE- 75 TAHUN | INDONESIA MAJU
debuyandi
KEPALA BANDAR UDARA BERINGIN MUARA TEWEH | Mengucapkan DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA KE- 75 TAHUN | INDONESIA MAJU

debuyandi
KEPALA CABANG BANK KALTENG GUNUNG MAS | Mengucapkan DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA KE- 75 TAHUN | INDONESIA MAJU


debuyandi
DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA KE- 75 TAHUN | 1NDONESIA MAJU




debuyandi


debuyandi
Back to Top