-->
SELAMAT & SUKSES ATAS DILANTIKNYA KEPALA DINAS PUPR BARTIM | YUMAIL J PALADUK, ST.,MAP | OLEH BUPATI BARITO TIMUR AMPERA AY MEBAS, SE.,MM

Monday, 31 August 2020

Kodim 1008/Tjg bentuk Sumber daya kreatif, inovatif dan adaptif melalui Pagelaran Tari Kreasi Daerah

Tanjung. Kodim 1008/Tanjung melaksanakan Pagelaran Tari Kreasi Daerah Kalimantan bertempat di Aula Pandu Sakti Makodim 1008/Tanjung, Jalan Jaksa Agung Soeprapto Kecamatan Tanjung, Kabupaten Tabalong, pada hari Senin, (31/08).

Pagelaran Tari Kreasi Daerah tersebut diselenggarakan dalam rangka Komunikasi Sosial (Komsos) kreatif TW. III Tahun 2020 dengan tema, Membentuk SDM Kreatif, Inovatif dan Adaptif.

Pada dasarnya dampak dari era globalisasi ke Indonesia yaitu dapat mengubah perilaku dan kebudayaan bangsa Indonesia. Masuknya kebudayaan dan kesenian yang lahir dari budaya luar bisa saja mengakibatkan luntur nya nilai-nilai luhur atau kepribadian bangsa yang sejatinya tersirat dari kesenian tradisional, bila kita tidak mampu mempertahankan nilai-nilai kesenian kebudayaan yang kita miliki.



Oleh karena itu, dilaksanakannya tari kreasi ini dengan tujuan salah satunya untuk mempertahankan nilai-nilai kebudayaan Indonesia dalam kehidupan masyarakat, karena nilai-nilai kebudayaan dari leluhur merupakan filosofi hidup pada setiap daerah meskipun tanpa bantuan teknologi.

Pagelaran Tari Kreasi Daerah diikuti oleh 12 regu dengan jumlah peserta tiap regu terdiri dari 7-10 orang yang membawakan keunggulan tari-tarian tradisional dari daerahnya masing-masing, diantaranya berjudul Inamba Naban dan upacara perburuan dan pengobatan.

Dandim 1008/Tanjung Letkol Inf Ras Lambang Yudha dalam sambutannya mengucapkan Terima kasih atas kerjasama para peserta yang telah mendukung berlangsung nya kegiatan ini.

"Mudah-mudahan melalui kegiatan ini dapat bermanfaat sehingga mampu memberi makna bagi kemajuan masyarakat dan bangsa" harap Dandim.

Pasi Teritorial Kodim 1008/Tanjung Kapten Inf Pasidi menambahkan melalui kegiatan ini diharapkan dapat terwujudnya kemanunggalan TNI dengan rakyat yang bermuara pada timbulnya kesadaran berbangsa dan bernegara serta semangat bela Negara sebagai upaya mempertahankan kedaulan keutuhan NKRI.

Di tengah Pandemi Covid-19, Pagelaran tetap mengedepankan protokol kesehatan, hingga selesainya acara pelaksanaan berjalan tertib dan aman. (Dim 1008).

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Contact form

Name

Email *

Message *

Back to Top