-->
SELAMAT DATANG DI MEDIA ONLINE | BARITORAYAPOST.COM | PENERBIT PT BORNEO ALAM KITA |

Wednesday, 21 October 2020

Perlindungan dan Pengamanan Hutan Disosialisasikan UPT KPHP Kahayan Hulu

 


Sekda Gumas Yansiterson bersama Kepala UPT KPHP Kahayan Hulu di Gumas Rakhmad Kurnedy dan peserta sosialisasi sedang berfoto bersama di aula Hotel Pemda Gumas, Selasa (20/10/2020).

 

BARITORAYAPOST.COM (Kuala Kurun) - Mencegah terjadinya perusakan sumber daya alam (SDA) dan lingkungan hidup, serta pelangaran tindak pidana dibidang kehutanan. Hal itulah, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) bersama Unit Pelaksana Teknis (UPT) di Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) Kahayan Hulu, mengelar sosialisasi terkait peraturan perlindungan dan pengamanan hutan di wilayan setempat.

 

“Perlu dilakukan sosialisasi kepada masyarakat, hal ini mencegah terjadinya perusakan SDA dan lingkungan hidup serta pelangaran tindak pidana terhadap hutan, hasil hutan, dan peredarannya, sehingga dapat memberikan wawasan para pemangku di bidang kehutanan, terkait perundang-undangan,” ucap Sekda Gumas Yansiterson, Selasa (20/10/2020).

Namun diakui Sekda menyebut, saat ini belum banyak yang dilakukan oleh UPT KPHP Kahayan Hulu . Karena secara konsisten dari tahun 2019 telah melaksanakan kegiatan yang sama, yang mana upaya untuk pencegahan. Maka dari itu, perlu adanya kesadaran dari semua dalam pentingnya fungsi hutan tersebut.

 

“Walaupun kita tau Pemprov Kalteng mempunyai harapan, yang besar agar UPT KPHP Kahayan Hulu dapat tupoksi dalam pengelolaan kawasan hutan secara khusus di wilayah kita Gumas ini, kemudian nantinya bisa tercapai kesinambungan, bisa dilihat dari aspek ekologi,  aspek sosial, maupun ekonomi,” jelas dia.

 

Sementara itu, Kepala UPT KPHP Kahayan Hulu di Gumas Rakhmad Kurnedy menjelaskan mengenai tujuan dari kegiatan sosialisasi tersebut, yang mana ditekankan seperti mencegah terjadinya perusahan SDA dan lingkungan hidup serta pelanggaran dibidang kehutanan, baik di hasil serta peredaranya. Guna menambah, wawasan para pemangku dibidang kehutanan dan peraturan perundang-undangan.

 

 

“Sedangkan untuk lama kegiatan sehari, narasumbernya dari Dinas Kehutanan Prov Kalteng,  serta Balai Pengamanan dan Penegakan Hukum LHK Kalteng, kalau perserta sosialisasi berasal dari seluruh pengusaha di bidang kehutanan yang ada di wilayah kita Kurun dan sekitarnya,” demikian Rakhmad. (Cp/BRP)

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Contact form

Name

Email *

Message *

UPDATE TERBARU SEBARAN KASUS COVID-19 DI KABUPATEN BARITO UTARA 27 NOVEMBER 2020

debuyandi
Back to Top