SELAMAT DATANG DI POLTAL BERITA ONLINE BARITORAYAPOST.COM | SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA 1442 H | MARHABAN YA RAMADHAN

Tuesday, 27 October 2020

Serap Aspirasi, Paslon Gubernur Kalteng Sugianto - Edy Sambangi Masyarakat


BARITORAYAPOST.COM (Buntok) -
Guna mendongkrak perekonomian masyarakat, pasangan calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Haji Sugianto Sabran - Haji Edy Pratowo nomor urut 02 (Sugianto -Edy) sambangi masyarakat disejumlah desa di Kabupaten Barito Selatan (Barsel).


Adapun fokus utama dalam menyerap aspirasi tersebut ialah terkait harga karet dan rotan. Pasalnya, kebanyakan masyarakat di Kabupaten yang berada di daerah aliran sungai (Das Barito) berprofesi sebagai petani karet dan rotan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari - harinya.


Tidak hanya itu saja, terkait kunjungan Sugianto Sabran yang merupakan Paslon petahana ini juga meninjau sejumlah infrastruktur pembangunan, baik itu disejumlah pasar tradisional, di sejumlah desa, bahkan pasar induk di ibukota kabupaten hingga ke Pabrik Karet yang berada di Desa Danau Sadar yang masih berada diwilayah Kecamatan Dusun Selatan, di Kabupaten Barsel ini.


Tujuan dari peninjauan tersebut lantaran pasar merupakan pusat perekonomian masyarakat. Oleh sebab itu pihaknya memfokuskan perihal tersebut guna melihat situasi pasar, selain berharap mendapatkan dukungan masyarakat.


Rombongan Paslon 02 itu juga melaksanakan kunjungan ke di Desa Baru, Sababilah, Kalahien, Kelurahan Jelapat, yang berada di Kecamatan Dusun Selatan, Kabupaten Barsel itu. Adapun semua kunjungan yang dilaksanakan merupakan rangkaian kampanye dialogis tatap muka terbatas Paslon Sugianto - Edy nomor urut 02 di Kabupaten Barsel.


"Tadi itu kita juga sempat berkomunikasi dengan masyarakat terkait harga karet dan rotan. Dan saat ini harganya dinilai  masih stabil. Namun dalam setiap tahun itu pasti ada penurunan harga, antara 3 sampai 4, bahkan 5 kali di setiap bulannya. Disaat harga karet dan rotan stabil atau naik, masyarakat diharapkan memanfaatkannya untuk menabung, dan jangan berpoya - poya," ujar Sugianto Sabran saat diwawancarai Baritorayapost.com di halaman Hotel Anna Buntok, saat dirinya mengunjungi digelarnya Rapat Kerja Cabang Khusus (Rakercabsus) dan Pelatihan Saksi Pleno PPK BSPN Cabang DPC PDI - Perjuangan Kabupaten Barsel, Selasa, (27/10/2020) di Buntok.


Perihal itu dilakukan lanjut dia, agar ekonomi keluarga masyarakat petani karet dan rotan tetap stabil, apabila terjadi penurunan harga karet dan rotan.


Baca Juga:

Sugianto - Edy Pratowo Fokuskan Perencanaan Pembangunan Infrastruktur di Kalteng

Paslon Gubernur Kalteng Sugianto - Edy Dinilai Masyarakat Cerdas Dalam Pemerataan Pembangunan


"Tidak itu saja ya, masyarakat juga ada bergerak dibidang komoditi kayu, tidak hanya dikomoditi karet dan rotan saja. Dan hendaknya masyarakat jeli melihat situasi harga, dan benar -benar memanfaatkan situasi harga," imbuh dia.


Dia juga menyampaikan, pihaknya saat ini coba menjajaki karet dijadikan sebagai campuran aspal. Seperti yang telah dilaksanakan di daerah Sumatra.


"Ini semua semata - mata untuk mendongkrak perekonomian masyarakat memanfaatkan hasil komoditi setempat dijadikan olahan campuran aspal. Kita usahakan lah. Mudah - mudahan bisa diterapkan di Kalteng kedepan," demikian pungkasnya. (Amr/Red/BRP).

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Contact form

Name

Email *

Message *

Back to Top