-->
SELAMAT DATANG DI MEDIA ONLINE | BARITORAYAPOST.COM | PENERBIT PT BORNEO ALAM KITA |

Saturday, 21 November 2020

Dikhawatirkan Rentan Roboh, Anggota DPRD Bartim Ini Akan Upayakan Jembatan Belawa Dibangun Permanen

BARITORAYAPOST.COM (Tamiang Layang) -
Dikhawatirkan rentan roboh, jembatan yang diperbaiki dengan material seadanya dan tidak sesuai dengan kapasitas jembatan pada umumnya dapat tanggapan dari anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Barito Timur (Bartim) provinsi Kalimantan Tengah, Raran. A.Md selaku politisi yang terpilih di daerah pemilihan (Dapil) II wilayah Kecamatan Paju Epat ini meminta pemerintah daerah dapat membangun secara permanen jembatan di Desa Belawa tersebut.

Sebelumnya kejadian yang sempat lumpuhkan aktifitas warga desa Balawa, akibat akses penghubung jalan yang menjadi tumpuan untuk melintas dari desa ke kota melalui jembatan Laugadur yang terputus alias ambruk, disebabkan oleh truk angkutan yang bermuatan material aspal milik PT. Pilar Jaya Kontruksi Pusat Tanjung beberapa hari yang lalu.


"Kita sudah melihat di media banyak yang posting lalu publikasi sehingga ini ada realisasi. Jadi yang pertama saya atas nama anggota DPRD khusus yang Dapil II bahwa kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak dari kontraktor yang sudah membantu sehingga jalan ini bisa dilewati dengan baik seperti sekarang," ucap Raran kepada awak media saat melihat langsung kondisi jembatan di desa Belawa, Sabtu (21/11/2020).

Lebih lanjut, walaupun dari hasil itu, ya mungkin ini memang darurat oleh dari bahan-bahan yang seadanya, sesuai dengan foto nanti yang di sampaikan dari hasil di lapangan bahwa memang jembatan itu kita akui tidak bisa lama khasiatnya.


Menurut Raran, bahwa itu adalah tanggung jawab pemerintah daerah, namun hal itu kita lihat  sudah baik hati dan sudah selesai sehingga bisa dilewati sekarang dan mudahan saat kita lakukan pembahasan nanti. Hari Senin kita lakukan pembahasan.

"Mudahan kita juga bisa menyisihkan anggaran, untuk itu mau membuat permanen yang di beton. Kalau nanti juga ini tidak bisa kalau sudah terlanjur dibuat program-program yang lain walaupun kita anggap ini sangat penting,"


Ditrruskan Raran, jalan ini adalah akses, baik yang untuk desa ke Kecamatan dan dari kabupaten Kecamatan dan juga ini dilewati dari Bangkuang menuju Kabupaten Barsel. jadi kasihan ini memang akses yang sangat penting sehingga nanti kalau memang bisa tahun ini kita berusaha untuk menganggarkan di tahun 2021 ini.

"Walaupun tidak ada di RKA, oleh ini memang mendadak walaupun dulu kita pernah berapa kali sudah mengusulkan. Mudahan itu bisa, kalau juga tidak bisa memastikan secepatnya tahun depan itu bisa," harap politisu dari partai Demokrat ini.

Raran juga menilia bahwa kalau melihat kekuatan jembatan tersebut yang paling tahan 3 atau 6 bulan paling lama dan firinya juga menghimbau kepada angkutan atau pengguna jalan yang membawa muatan berat bisa dilihat-lihat.


"Kondisinya tidak menjamin dan dapat mengakibatkan kejadian yang sebelumnya terulang kembali, kita tetap berusaha untuk melakukan perbaikan. Ini harus kalau memang tidak bisa di anggaran murni. Perubahan masih ada, kita perjuangkan dan usahakan itu karena memang ini juga dari Dapil saya dan kampung saya sendiri," pungkasnya. 

Dari hasil pantauan langsung dilapangan, tim mendokomentasikan fisik jembatan yang sudah dalam perbaikan dengan material batang pohon kelapa sebagai tumpuan dasar dari lantai jembatan, beserta papan plang bertulisan larangan kepada kendaraan bermuatan berat dilarang melintas. (YCP/Red/BRP)

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Contact form

Name

Email *

Message *

UPDATE TERBARU SEBARAN KASUS COVID-19 DI KABUPATEN BARITO UTARA 27 NOVEMBER 2020

debuyandi
Back to Top