-->
SELAMAT DATANG DI MEDIA ONLINE | BARITORAYAPOST.COM | PENERBIT PT BORNEO ALAM KITA |

Monday, 2 November 2020

Kamada DKI Jakarta: ‘LMPP Harus Bermetamorfosa Menjadi Ormas Otak..!! Berubah dari Ormas Kacangan Menjadi Ormas Yang Berkelas’


BARITORAYAPOST.COM (Jakarta) - Laskar Merah Putih Perjuangan (LMPP) usianya  masih sangat belia. Baru sekitar dua tahun. Tetapi sebagai entitas organisasi, ormas ini sudah mulai dewasa. Hal itu dibuktikannya dengan menyelenggarakan Rapimnas I, yang dihadiri oleh sekitar 200-an pemimpin pusat dan daerah. 


Dalam momentum bersejarah itu, LMPP mengesahkan fondasi organisasi, yaitu Peraturan Organisasi yang merupakan penjabaran dari AD/ART ormas yang berada di bawah binaan Ketua Dewan Penasehat Prof Dr KH Ma’ruf Amin MSi tersebut.


Akan dibentuk menjadi ormas semacam apakah LMPP ini ke depan? Ketua Markas Daerah DKI Jakarta Chairul Sahbana Tarigan kepada Baritorayapost.com menjelaskan, Laskar Merah Putih Perjuangan hendaknya menjadi organsiasai yang transformative. LMPP harus meninggalkan wataknya yang selama ini mengedepankan otot. Ia juga harus mampu memecahkan problem social yang melilit masyarakat di sekitarnya.


“LMPP harus menjadi organisasi kemasyarakatan yang transformatif dan juga solutif terhadap problem-problem sosial yang membutuhkan solving yang tepat serta cerdas,” kata Bana.


Selain itu, ia harus menjadi organisasi yang, “Selalu berfikir tentang entrepreneur grassroot.. Yang tidak mengkerdilkan masyarakat kecil.”


 
Transformatif? Bagaimana caranya? “Ingat, LMPP bukan ormas otot..,” lanjut Sahbana.“LMPP harus bermetamorfosa menjadi ormas otak..  LMPP harus hadir bermanfaat  di tengah  masyarakat. Memberi senjata kepada kaum marginal yang tidak tersorot oleh pemerintah pusat..”


Baca Juga:



Selanjutnya Sahbana memberi ilustrasi, ”Ada orang memiliki senjata.. tapi mereka tidak mengerti memakainya..dan ada orang yang mengerti bagaimana memakai senjata.. akan tetapi tidak memiliki senjata.. LMPP hadir untuk memberikan senjata kepada orang yg mengerti cara menggunakan senjata.. dan hadir memberi ilmu terhadap mereka yang memiliki senjata namun tidak mengerti memakainya.”


Ilustrasi itu, digambarkannya dalam dalam konteks perekonomian dan kemandirian sosial.. “Inilah yang menjadi pembeda antara LMPP dengan ormas lainnya yang memiliki nuansa pengkaderan secara semi militer..”


Bagaimana mencipakan karakter agar LMPP tidak memiliki nuansa pengkaderan semi-militer? Apa saja syaratnya? Menurut Sahbana, hal ini memang tidak mudah. Tetapi harus diwujudkan. “Untuk itu, LMPP membutuhkan pemimpin yang berani tampil apa adanya, progresif, memiliki karakter nation yang kuat, serta bernutrisi secara akal sehat. Hal itu sebagai modal dalam menjawab tantangan zaman,” tegas Sahbana.

Pemimpin yang berwawasan dan berkarakter ini penting. LMPP Harus punya. “Karena dialah yang akan mengemudikan bahtera LMPP ini. Pemimpin itu tentunya harus mampu mengubah image ormas yang berkonotasi kacangan menjadi ormas yang berkelas!!” (yes/red/BRP).

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Contact form

Name

Email *

Message *

Back to Top