-->
SELAMAT DATANG DI MEDIA ONLINE | BARITORAYAPOST.COM | PENERBIT PT BORNEO ALAM KITA |

Thursday, 5 November 2020

PT BCL Tidak Pernah Bermasalah Dengan Masyarakat Adat

BARITORAYAPOST. COM (Tamiang Layang) -
Management PT Bhadra Cemerlang (PT BCL) melalui kuasa hukumnya menyatakan, pihaknya menaruh kasihan masyarakat adat dibawa-bawa dalam sengketa perdata antara PT Bhadra Cemerlang dengan PT. Aljabri Buana Citra (PT ABC).

Kepada Baritorayapost.com, Kuasa Hukum PT. Bhadra Cemerlang (BCL) Davi Aulia Indra Giffari, SH di Pengadilan Negeri Kelas ll Tamiang Layang, Kamis, (5/11/2020)  menjelaskan, pihaknya saat ini fokus pada gugatan PT. Aljabri Buana Citra (ABC) selaku tergugat l dan Junaidi alias Junai selaku tergugat ll.

Davi pun menjelaskan bahwa keberadaan Hak Guna Usaha PT. BCL berasal dari Pelepasan Kawasan Hutan yang terbit tahun 2004, artinya bukan dari tanah adat atau tanah ulayat. "Hak Guna Usaha PT. BCL dari pelepasan kawasan hutan, dan bukan dari tanah adat dan tanah ulayat masyarakat. Dan jelas sekali PT. BCL dari dulu tidak pernah bermasalah dengan masyarakat adat," imbuh Davi.

Sebagaimana diberitakan media ini, dalam sengketa perdata ini, masyarakat adat yang berada di bawah naungan Tim Tanah Ulayat Bawoy Udung minta agar tidak dilibatkan.  Mengingat, dalam proses persidangan tersebut, masyarakat adat  disebut-sebut oleh PT ABC terlibat dalam pengrusakan kebun kelapa sawit milik PT BCL

Baca Juga:



"Kami tidak mengetahui adanya tokoh masyarakat atau tokoh adat atau pihak lain yang terlibat dalam penyewaan alat berat serta melakukan land clearing lahan dengan cara membongkar tanaman sawit PT. BCL seluas 12,8 hektare, " kata salah seorang anggota tim Ulayat Adat Bavoy Udung, Aranto.

Memang, pihaknya mengakui, saat ini ada sekitar 15 orang warga adat yang ikut mencari makan dengan cara bekerja di PT ABC. Tetapi kan mereka hanya bekerja, sebagaimana pekerja lainnya. Dan tidak ada sangkut pautnya dengan urusan adat. (dun/Red/BRP

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Contact form

Name

Email *

Message *

Back to Top