-->
SELAMAT & SUKSES ATAS DILANTIKNYA KEPALA DINAS PUPR BARTIM | YUMAIL J PALADUK, ST.,MAP | OLEH BUPATI BARITO TIMUR AMPERA AY MEBAS, SE.,MM

Wednesday, 30 December 2020

Babinsa Pejala Bantu Warga Binaannya Dalam Menancapkan Torus Untuk Kacang Panjang

BARITORAYAPOST.COM (Penajam) - 
Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 0913-01/Penajam Kodim 0913/PPU Sersan Kepala (Serka) Bonaji melaksanakan kegiatan kunjungan Komunikasi Sosial (Komsos) serta membantu Bpk Said seorang petani warga RT 01 Kelurahan Pejala Kecamatan Penajam  Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dalam merawat tanaman kacang panjang di kebun miliknya, Rabu (30/12/2020).

Awalnya kedatangan Babinsa ini untuk melakukan silaturahmi dan Komsos, tetapi saat melihat warga sedang berada di kebun maka Babinsa singgah dan memberikan bantuan tenaga untuk menancapkan tiang pancang tanaman kacang panjang.

Seperti pepatah “Sambil Menyelam Minum Air”, kedatangan Sersan Kepala (Serka) Bonaji selain untuk Komsos juga memberikan bantuan kepada warganya. Terlihat bersama Pak Said menancapkan kayu pancang yang disilang diatas dengan tumbuhan kacang panjang.


"Kita pasang kayu ini karena kacang panjang ini kan menjalar, jadi kayu ini nanti jadi tempat menjalar, dililit sampai keatas. Buah kacang panjang ini nanti akan bergantungan dikayu ini," bebernya.

Pendampingan Babinsa bukan hanya diberikan kepada para petani padi saja seperti yang terlihat selama ini. Babinsa juga memberikan pendampingan kepada warga yang bercocok tanam selain padi.

Diharapakan dengan terjunnya Babinsa dapat memotivasi petani untuk lebih lebih giat dalam bercocok tanam sehingga hasil panen akan semakin meningkat dan akan menambah pendapatan petani.

Lanjut Bonaji, "Pada penanaman sayuran jenis kacang panjang itu, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh petani. Antara lain pemilihan bibit, persiapan Iahan, proses penanaman dan penyuIaman tanaman dengan maksud agar bibit yang ditanam tidak mati," kata Babinsa.
Sementara itu, Said selaku pemilik kebun kacang menyampaikan terima kasih kepada Babinsa yang telah membantunya menanam kacang panjang.

"Saya sangat berterimakasih kepada Bapak Babinsa yang telah peduli dan membantu petani ini. Dengan kehadiran bapak Babinsa, menambah semangat kerja dan dapat meningkatkan hasil tanaman kacang saya," Ungkapnya. 

Sumber Dim 0913/PPU

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Contact form

Name

Email *

Message *

Back to Top