-->
SELAMAT DATANG DI MEDIA ONLINE | BARITORAYAPOST.COM | PENERBIT PT BORNEO ALAM KITA |

Wednesday, 2 December 2020

Meskipun Pandemi Covid- 19 Terjadi, Pemdes Turan Amis Tetap Lakukan Pembangunan Sekaligus Berdayakan Warga Desa

BARITORAYAPOST.COM (Tamiang Layang) -
Meskipun Pandemi Covid- 19 masih dialami di berbagai daerah secara khusus negara Indonesia, namun program dan pembangunan di desa tetap berjalan yang juga seiring dengan pertumbuhan ekonomi di tiap-tiap wilayah.

Seperti halnya yang dilakukan Pemerintah desa (Pemdes) Turan Amis, Kecamatan Raren Batuah Kabupaten Barito Timur (Bartim) provinsi Kalimantan Tengah, tetap beraktifitas membangun desa sekaligus berdayakan warga setempat guna menopang ketahanan ekonomi keluarga dengan ikut serta bekerja yang diprogramkan Pemdes melalui proyek pembangunan Padat Karya Tunai Desa (PKTD).

Kepala Desa Turan Amis, Linda Lanus kepada awak media mengatakan, bahwa dalam kegiatan pembuatan siring dan cor beton jalan di komplek perkantoran desa, pemerintah desa setempat melibatkan keluarga miskin untuk mengerjakan proyek tersebut.

"Kami memprioritaskan rumah tangga miskin dan keluarga yang kehilangan pekerjaan dalam pembangunan jalan melalui program PKTD ini," ucap Linda di Turan Amis, Rabu, (02/12/2020).


Menurutnya, program PKTD selain dapat membantu memberikan penghasilan tambahan kepada keluarga miskin atau yang kehilangan pekerjaan, juga dapat menjamin kualitas pekerjaan karena dikerjakan sendiri oleh warga yang menggunakan jalan ini nantinya.

"Dengan rasa tanggung jawab sebagai warga desa yang menikmati fasilitas ini nanti, pasti mereka berusaha untuk mengerjakan dengan baik," alasannya.

Disisi lain, Ketua Tim Pelaksana Kegiatan (TPK), Parwoto menjelaskan bahwa pembangunan siring dan cor beton jalan dengan ukuran lebar 6 meter dan panjang 38 meter tersebut menggunakan Alokasi Dana Desa (ADD) kurang lebih sebesar Rp 76 juta.

Pembangunan dengan waktu pelaksanaan 30 hari itu melibatkan total tenaga kerja 64 orang yang semuanya berasal dari warga desa setempat.

"Tenaga kerjanya kami pilih dari 5 RT yang ada di Desa Turan Amis dan diutamakan dari rumah tangga miskin," pungkas Parwoto. (YCP/Tim/Red)

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Contact form

Name

Email *

Message *

Back to Top