-->
SELAMAT DATANG DI WEBSITE MEDIA ONLINE | BARITORAYAPOST.COM|

Thursday, 31 December 2020

PPT-PKBGA Kabupaten Banyumas Terbanyak Tangani Kasus Kekerasan terhadap Anak

BARITORAYAPOST.COM (Banyumas) -
Pusat Pelayanan Terpadu Perlindungan Kekerasan Berbasis Gender dan Anak (PPT-PKBGA) Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah melaporkan, selama periode Januari hingga 30 Desember 2020, kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak yang ditangani dan didampingi PPT PKBGA Kabupaten Banyumas sebanyak 96 kasus. 

Rinciannya, kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) 19 kasus, kekerasan terhadap perempuan di luar ranah KDRT 8 kasus, kekerasan terhadap anak (KTA) 41 kasus, anak berkonflik dengan hukum (ABH) 22 kasus, kesulitan bertemu anak pasca perceraian 4 kasus, trafficking 1 kasus, dan buruh migran 1 kasus. 

Ketua Pelaksana PPT PKBGA Kabupaten Banyumas, dr Tri Wuryaningsih MSi mengatakan dari berbagai kasus tersebut, kasus tertinggi adalah kekerasan terhadap anak, yaitu sebanyak 41 kasus yang didominasi kasus kekerasan seksual sebanyak 35 kasus (85,36 persen).
 
Ditambahkannya, dibandingkan tahun 2019, kasus yang dilaporkan ke PPT PKBGA Kabupaten Banyumas pada tahun 2020 lebih sedikit. 

"Pada tahun 2019, ada 111 kasus yang kami tangani. Namun demikian, kasus kekerasan berbasis gender dan anak merupakan fenomena gunung es, di mana apa yang tampak tidak mencerminkan apa yang sesungguhnya terjadi," ungkapnya, Kamis (31/12/2020) 

Di masyarakat, kata Tri, masih banyak kasus yang tidak dilaporkan dengan berbagai alasan yakni takut, diselesaikan secara kekeluargaan, menutupi aib keluarga, tidak paham hukum, dan lain-lain. 

Untuk itu, pihaknya berterimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung kinerja PPT-PKBGA. 

"Tanpa dukungan dari Pemkab Banyumas, koordinasi dan kerja sama yang baik dari Kepolisian, Kejaksaan, Pengadilan, serta seluruh elemen masyarakat tentu kerja-kerja pendampingan ini tak bisa kami lakukan," ucapnya. 

Juga dengan segala keterbatasan yang ada, seperti minimnya anggaran, sarana dan prasarana, SDM, serta situasi pandemi Covid-19, ia selaku Ketua Pelaksana PPT-PKBGA mohon maaf kepada masyarakat Banyumas jika belum bisa memberikan pelayanan yang optimal. (est)

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Contact form

Name

Email *

Message *

Back to Top