Cegah Karhutla Polsek Delang sosisalisasikan bahaya kebakaran

  • Whatsapp
BARITORAYAPOST.COM (Polres Lamandau) – Kebakaran hutan dan lahan dapat di pastikan setiap tahunnya pasti terjadi , untuk mencegah hal tersebut terulang kembali Polsek Delang, Polres Lamandau, Polda Kalteng melaksanakan sosialisasi pembakaran hutan dan lahan, Selasa (26/1/2021) pukul 11.00 WIB.

Sosisalisasi kali ini di adakan di kebun dan ladang milik masyarakat oleh personil Polsek Delang Bripka Hendrius A, BrigpolRobert Riady dan Briptu Abdi Rumana Barus, mengajak para petani dan peladang saat beraktifitas di kebun dan ladang agar tidak melakukan pembakaran.

Selain melaksanakan sosialisasi bahaya karhutla personil melakukan pemetaan daerah daerah yang rawan karhutla di Wilkum polsek Delang.

Kapolsek Delang Iptu Edy Jaka. P, S.E, menyampaikan Personil Polsek Delang melakukan sosisalisasi pencegahan dan penanganan karhutla di Desa Beankitan, selain itu personil melaksanakan patroli di Kawasan hutan dan lahan monitoring kegiatan masyarakat, jika menemukan ada lahan telah di buka akan di lakukan pemasangan berner dan mendata pemilik lahan, sebagai antisipasi pencegahan aktifitas pembakaran di musim kemarau tiba.

Adapun modus operandi pembukaan lahan dengan cara bakar yaitu dua bulan sebelum datangnya kemarau masyarakat melakukan babas lahan atau hutan, setelah luasan di rasa cukup masyarakat meninggalkan lokasi tersebut, saat musim kemarau tiba lahan yang sudah kering dilakukan pembakaran. 

“Sosialisasi karhutla dan pendataan lahan yang terbabas sama sama penting, ini adalah upaya meminimalisir pembakaran hutan dan lahan di musim kemarau,” tutup Kapolsek. (MP)

Pos terkait