-->
SELAMAT DATANG DI MEDIA ONLINE | BARITORAYAPOST.COM | PENERBIT PT BORNEO ALAM KITA | MENGUCAPKAN "SELAMAT HARI NATAL 25 DESEMBER 2020 & TAHUN BARU 01 JANUARI 2021" |

Wednesday, 6 January 2021

PELAKU PENCURIAN SARANG WALET TERTANGKAP WARGA DI WILKUM POLSEK ANTANG KALANG

BARITORAYAPOST.COM (Polres Kotawaringin Timur) - Polsek Antang Kalang Jajaran Polres Kotawaringin Timur telah mengamankan seseorang yang diduga telah melakukan pencurian sarang burung walet di Desa Tanjung Harapan, Kecamatan Telaga Antang, Kabupaten Kotim yang mana sebelumnya telah diamankan warga terlebih dahulu dan kemudian diserahkan ke pihak Kepolisian untuk tindak lanjut proses secara hukum.

Pada hari Selasa tanggal 05/01/2021 pihak Kepolisian Polsek Antang Kalang Polres Kotim dalam hal ini Pospol Tumbang Sangai telah mendapatkan laporan dari warga masyarakat Desa Tanjung Harapan bahwa telah mengamankan seseorang yang diduga melakukan pencurian sarang burung walet disalah satu gedung walet milik Sdr. Maman warga Desa Tanjung Harapan. Mendapatkan laporan tersebut maka anggota Pospol Tumbang Sangai BRIPKA Victor Augustha dan BRIPTU Adi Sunariyo bersama 2 (dua) orang Babinsa dari Posramil Telaga Antang mendatangi TKP dan mengamankan seseorang yang diduga melakukan pencurian yang kemudian diketahui bernama dengan inisial WS alias  Santo. 

Kapolres Kotim AKBP Abdoel Harris Jakin, SIK, M.Si melalui Kapolsek Antang Kalang IPTU. Sapril Nyampai, SE. menjelaskan kronologis kejadian sehingga diketahui telah terjadi pencurian sarang burung walet di salah satu Gedung walet milik warga Desa Tanjung Harapan bermula pada saat Saksi Effendi dan Bonari melaksanakan kegiatan Ronda malam di lingkungan RT.017 Rw.005 Desa Tanjung Harapan, sewaktu melintas di jalan poros desa sekitar jam 03.00 Wib tepat di gedung walet milik Sdr.Maman, Saksi Effendi melihat ada seseorang yang gerak – gerik nya mencurigakan duduk di Poskamling dekat gedung walet tersebut, kemudian Saksi Effendi menghubungi warga lainnya dan menghubungi Sdr. Maman untuk memeriksa gedung waletnya. Melihat warga berdatangan ke lokasi tersebut orang yang mencurigakan yang dilihat Saksi Effendi tiba-tiba melarikan diri, Sdr. Maman (pemilik gedung walet) bersama warga lainnya memeriksa gedung walet ternyata kunci gembok pintu gedung sudah dirusak, setelah masuk kedalam gedung ditemukanlah seseorang lagi berada didalam gedung dan kemudian diamankan warga.
 
Kapolsek juga menjelaskan bahwa setelah diamankan warga melapor ke Pospol Tumbang Sangai dan tidak lama anggota Pospol bersama anggota TNI dari Posramil Telaga Antang datang ke TKP setelah itu membawa ke Pospol Tumbang Sangai untuk Proses Hukum lebih lanjut. ” untuk sementara satu Pelaku inisial WS alias Santo  dan mengaku merupakan warga Parenggean kita amankan dan akan kita periksa untuk pengembangan perkara”, adapun barang bukti yang ditemukan saat kejadian adalah 34 buah sarang walet setelah ditimbang seberat 457 gram atau kerugian senilai Rp.5.000.000. 

Dengan adanya kejadian pencurian sarang walet tersebut diharapkan warga masyarakat di wilayah Kecamatan Telaga Antang dan Kecamatan Antang Kalang (Wilkum Polsek Antang Kalang) harus waspada dan selalu meningkatkan pengamanan swakarsa di lingkungan tempat tinggal masing-masing yakni dengan cara menggiatkan kembali Siskamling agar tidak terulang kejadian serupa. ”terima kasih untuk warga yang telah membantu tugas Kepolisian untuk ikut menjaga keamanan lingkungan dan telah melaporkan kejadian tanpa main hakim sendiri” pungkas Iptu Sapril. (SpN_AK01)

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Contact form

Name

Email *

Message *

Back to Top