-->
SELAMAT DATANG DI MEDIA ONLINE | BARITORAYAPOST.COM | PENERBIT PT BORNEO ALAM KITA | MENGUCAPKAN "SELAMAT HARI NATAL 25 DESEMBER 2020 & TAHUN BARU 01 JANUARI 2021" |

Tuesday, 5 January 2021

PEMASANGAN PERANGKAP BUAYA DIBANTU POLSEK KETAPANG DAN WARGA

BARITORAYAPOST.COM (Kotawaringin Timur) - Polsek Ketapang Jajaran Polres Kotim bersama BKSDA Kotim dengan dibantu warga melakukan pemasangan perangkap untuk menangkap buaya, di Desa Pelangsian Keamatan MB. Ketapang, Kabupaten Kotim Provinsi Kalteng. (04/01/2021)


Kemunculan binatang buas yakni Buaya yang telah membuat resah warga sepanjang tepian DAS Mentaya, pasalnya buaya tersebut telah ada menyerang salah satu warga, yang mengakibatkan Putus tangan kirinya, yang saat ini masih menjalani perawatan di RSUD dr. Murdjani Sampit.  

Dalam proses pemasangan perangkap yang dilaksanakan oleh BKSDA Kotim dan Angota Polsek Ketapang dengan dibantu warga Desa Pelangsian, dimana pemasangan perangkap tersebut dipasang di beberapa tempat dimana buaya tersebut sering bermunculan.

Selain memasang perangkap Petugas dari BKSDA pun menghimbau kepada warga sekitar untuk tidak melakukan kegiatan di pesisir sungai pada pagi, sore, maupun menjelang malam dan juga kepada masyarakat agar tidak melakukan hal yang dapat mengundang kedatangan buaya tersebut seperti membuang sampah maupun bangkai hewan di sungai, memelihara hewan ternak di sepanjang pesisir sungai.

Petugas BKSDA yang ditemui tim redaksi mengatakan " Pemasangan perangkap tersebut bertujuan agar buaya tersebut segera tertangkap pasalnya buaya tersebut adalah hewan yang tidak boleh diburu maupun dipelihara oleh warga sesuai dengan UU.No.5 Th 1990 tentang sumber daya alam hayati dan ekosistemnya, maka dari itu bagi warga yang memang mengetahui,maupun melihat kemunculan buaya tersebut agar segera di informasikan kepada Pihak BKSDA agar ditindaklanjuti"tutupnya.

Serta menurut Kapolres Kotim AKBP Abdoel Haris Jakin S.I.K, M.Si melalui Kapolsek Ketapang Kompol Thomas Yosef Tortet,S.Hut,S.I.K mengatakan " Dalam upaya mengamankan buaya yang mulai bermunculan di sungai Mentaya diharapkan kepada warga agar mengikuti aturan yang sudah di beritahu oleh pihak BKSDA agar tidak ada lagi korban dari keganasan buaya tersebut". (rmdhn/ktpg)

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Contact form

Name

Email *

Message *

Back to Top