Polda DIY Gelar Sosialisasi Donor Plasma Konvalesen Bersama RSUP Dr Sardjito

  • Whatsapp

BARITORAYAPOST.COM (Yogyakarta) – Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) Polda DIY bekerja sama dengan Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr Sardjito menggelar sosialisasi donor plasma konvalesen dan pengambilan sampel darah kepada para penyintas Covid-19 personel Polri dan PNS Satker Mapolda DIY, Jumat (29/1/2021). 

Sosialisasi digelar di Gedung Anton Soedjarwo, Mapolda DIY dihadiri Wakapolda DIY Brigjen Pol R Slamet Santoso SH SIK, Irwasda Kombes Pol Agus Rohmat SIK SH MHum. 
Sosialisasi menghadirkan narasumber Kepala Departemen Patologi Klinik dan Kedokteran Laboratorium FK KMK UGM/RSUP Dr Sardjito, Dr dr Teguh Triyono SpPK (K) MKes, dan beberapa pejabat utama Polda DIY. 
Kapolda DIY Irjen Pol Drs Asep Suhendar MSi dalam sambutan tertulis yang dibacakan Wakapolda DIY mengatakan, dalam kondisi penuh keprihatinan karena pandemi Covid-19, Polri dituntut menjadi salah satu garda terdepan guna memastikan terselenggaranya program pemerintah dalam percepatan penanganan virus Corona. 
“Dimana Polri berkewajiban melaksanakan upaya-upaya persuasif dalam bentuk memberikan edukasi, imbauan kepada seluruh lapisan masyarakat,” jelasnya. 
Dikatakan, penyebaran Covid-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta terus mengalami peningkatan jumlah kasus positif yang signifikan dengan penderita tanpa gejala hingga status berat. 
“Oleh karena itu sangat diperlukan kepedulian dan kerja sama kita semua dalam upaya mencegah serta memutus rantai penyebaran Covid-19,” imbuh Wakapolda. 
Salah satu upaya dalam mempercepat upaya penyembuhan pasien Covid-19 yaitu dengan menggunakan metode terapi donor plasma konvalesen. Plasma konvalesen bertujuan menurunkan angka kematian akibat Covid-19 dan meningkatkan angka kesembuhan bagi penderita Covid-19. 
“Diharapkan, dengan pemberian donor plasma konvalesen kepada pasien Covid-19 dapat memberikan perbaikan efek klinis maupun laboratoris pada pasien dengan kondisi yang berat. Darah plasma konvalesen dari penyintas Covid-19 sangat berguna bagi pasien lain yang terinfeksi virus Corona atau dalam proses penyembuhan,” ungkap Kapolda dalam sambutan yang dibacakan Wakapolda DIY. 
Sementara, Kepala Departemen Patologi Klinik dan Kedokteran Laboratorium FK KMK UGM/RSUP Dr Sardjito, Dr dr Teguh Triyono SpPK (K) MKes kepada awak media mengatakan, Covid-19 ini adalah penyakit baru yang sampai sekarang belum ada terapi standar penyembuhan. Kemudian dicari beberapa alternatif sebagai terapi tambahan. 
“Salah satunya pemberian plasma konvalesen. Harapannya, dengan plasma konvalesen kepada pasien Covid-19 untuk meningkatkan tingkat kesembuhan pasien Covid-19,” ujarnya. (est)

Pos terkait