-->

Friday, 19 February 2021

Bhabinkamtibmas Bapinang Hilir Hadiri Musdes Validasi Penerima BLT-DD


BARITORAYAPOST.COM (Polres Kotawaringin Timur) - Kotim (19/02/2021) Babhinkamtibnas Polsek Pulau Hanaut jajaran Polres Kotim Polda Kalteng BRIPKA Donna, menghadiri Kegiatan Musdes  (Musyawarah Desa), Validasi penetapan penerima BLT-DD dari dana desa Tahun Anggaran 2021, bertempat di Kantor Desa Bapinang Hilir, Kecamatan Pulau Hanaut, Kabupaten Kotim, Provinsi Kalteng. 
Bantuan Langsung Tunai yang bersumber dari Dana Desa, merupakan kebijakan pemerintah pusat melalui peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Permendes) Nomor 6 Tahun 2020 sebagai revisi Permendes 11 Tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa.

Alokasi BLT-DD tersebut diberikan kepada rumah tangga miskin (RTM) terdampak Coron, ada sejumlah kriteria rumah tangga yang berhak atas BLT-DD tersebut, diantaranya keluarga miskin non Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) belum mendapat Program Keluarga Harapan (PKH), non pra kerja yang kehilangan mata pencaharian dan mempunyai anggota keluarga yang rentan sakit menahun/kronis.

Adapun basis pendataan di RT/RW yang dilakukan oleh relawan Covid-19, selanjutnya dibawa ke musyawarah desa, untuk validasi dan penetapan penerima BLT-DD, data yang sudah ditanda tangani oleh Kepala Desa tersebut, lalu disahkan oleh Bupati atau Camat selambat-lambatnya 5 hari kerja.

Diakhir acara dalam penyampaiannya Babhinkamtibmas Donna Prio Prakoso, mengatakan, akan memgawal proses penerima BLT bantuan dari pemerintah pusat melalui DD, sehingga dengan harapan akan tepat sasaran, diharapkan pendataan dengan teliti, masyarakat yang masuk dalam kriteria masyarakat miskin, sesuai kriteria yang berlaku.

“Bantuan bagi masyakat terdampak Covid sesuai dengan edaran yang ada dan desa menyampaikan kepada Bupati dalam pendataan masyarakat menerima bantuan langsung tunai (BLT) dari anggaran dana desa, semoga bantuan langsung tunai, bisa membantu perekonomian bagi keluarga miskin dampak dari wabah Covid-19,” tandasnya.(Hanaut-01)

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Contact form

Name

Email *

Message *

Back to Top