-->

Thursday, 11 February 2021

Bhabinkamtibmas Mulya Agung Laksanakan Sosialisasi Karhutla

BARITORAYAPOST.COM (Polres Kotim) - Kamis (11/02/2021) - Polsek Antang Kalang jajaran Polres Kotim Polda Kalteng, melalui Bhabinkamtibmas Mulya Agung AIPDA Teka Jaya, S.E., melaksanakan kegiatan sosialisasi tentang Karhutla kepada masyarakat pemilik ladang di Desa Mulya Agung, Kecamatan Antang Kalang, Kabupaten Kotim, Provinsi Kalteng.


Kegiatan sosialisasi Karhutla bertempat di Ladang atau kebun milik Sdr. Lodie di Desa Mulya Agung, dalam kesempatan tersebut AIPDA Teka menyampaikan larangan untuk membuka lahan, ladang atau kebun dengan cara membakar, sebagaimana yang tercantum dalam UU.No.18/2013 tentang Kehutanan, UU.No.39/2014 tentang Perkebunan dan UU.No.32/2009 tentang Lingkungan Hidup, dimana pelaku dapat dipidana penjara selam 15 tahun dan denda sebesar 15 miliyar rupiah.

Kapolres Kotim AKBP Abdoel Harris Jakin, SIK, M.Si melalui Kapolsek Antang Kalang IPTU Sapril Nyampai, SE. mejelaskan bahwa kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan AIPDA Teka Jaya adalah merupakan bentuk tindakan preemtif (pencegahan) terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wialayah Kecamatan Antang Kalang, ”tidak bisa hanya melakukan penindakan terhadap pelaku karhutla, tetapi dengan cara preemtif (pencegahan) dahulu bisa lebih efektif untuk mencegah karhutla” . 

Lebih lanjut Kapolsek menjelaskan bahwa kegiatan sosialisasi tentang karhutla akan selalu digalakkan oleh Polsek Antang Kalang sesuai pesan Bapak Kapolda Kalteng bahwa menggandeng unsur TNI dalam hal ini Babinsa dan unsur pemerintahan desa (Kades). ” tiga pilar utama untuk melakukan tugas preemtif adalah Polri melalui Bhabinkamtibmas, TNI dengan Babinsa nya dan Pemdes dipimpin Kepala Desa” ucap Kapolsek IPTU . Sapril mengakhiri penjelasannya.

Dengan dilaksanakan sosialisasi secara terus menerus maka masyarakat yang akan membuka lahan, ladang dan kebun tidak ada lagi melakukan pembakaran dalam aktifitas berkebun atau berladang sehingga kebakaran hutan dan lahan di tahun 2021 di Kecamatan Antang Kalang Kab. Kotim dapat teratasi dan dapat dicegah. (SpN_Ak01@Tj19)

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Contact form

Name

Email *

Message *

Back to Top