-->

Tuesday, 23 February 2021

Bupati Edy Pratowo Menghadiri Rakernas di Istana Negara

BARITORAYAPOST.COM (Pulang Pisau) -Bupati Pulang Pisau H Edy Pratowo menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Istana Negara, Senin (22/2).

Rakernas bersama Presiden RI Ir Joko Widodo itu terkait penanganan kebakaran hutan dan lahan atau karhutla di tahun 2021 ini.

" Dalam Rakornas itu,  kita mendengarkan arahan Presiden RI Ir H Joko Widodo terkait penanganan Karhutla di tahun 2021 ini. Bapak presiden menekankan agar mempersiapkan upaya pencegahan, karena pencegahan itu lebih baik ketimbang mengatasi yang sudah terjadi," kata Bupati Edy Pratowo

Menurutnya, kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Indonesia, khususnya di Kalteng memang telah menjadi isu nasional, sehingga mendapat perhatian presiden terkait pengendaliannya.

"Kegiatan ini sesuai Peraturan Menteri LHK Nomor P.32/MenLHK/Setjen/Kum.1/3/2016 Tentang Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Dalkarhutla)," ungkapnya.

Langkah dan upaya pencegahan karhutla di tahun 2021 ini, kata Edy, meliputi usaha, kegiatan, tindakan pengorganisasian, pengelolaaan sumberdaya manusia dan sarana prasarana serta operasional pencegahan, pemadaman, penanganan pasca kebakaran, dukungan evakuasi dan penyelamatan, dan dukungan manajemen pengendalian kebakaran hutan dan lahan.

"Kita berharap tahun 2021 ini penanganan Karhutla akan lebih baik lagi dari tahun-tahun sebelumnnya, dan yang terpenting karhutla jangan sampai terjadi disaat musim kemarau nanti. Jadi, ini tanggungjawab daerah kita bersama dalam penanganannya," tandasnya

Turut hadir dalam Rakernas tersebut, Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), Habib Ismail bin Yahya, Kapolda Kalteng, Irjen Pol. Dr. Dedi Prasetyo, dan
Danrem 102/Panju Panjung Brigjen TNI Purwo Sudaryanto. 

Sementara di Kabupaten Pulang Pisau Wakil Bupati Pulang Pisau, Pudjirustaty Narang, Kejari Pulpis Triono Rahyudi bersama dinas terkait di lingkup Pemkab Pulang Pisau mengikuti secara virtual di aula Mess Pemda setempat. (BS/Red/BRP).

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Contact form

Name

Email *

Message *

Back to Top