Monday, 22 February 2021

Dandim 1001/Amuntai Ikuti Rapat Siaga Karhutla Melalui Video Conference Bersama Presiden Republik Indonesia

BARITORAYAPOST.COM (Amuntai) - Komandan Kodim 1001/Amt Letkol Inf Ali Ahmad Satriyadi, S.I.P., M.Tr (Han),melalui Video Conference (Vicon) mengikuti Rapat Koordinasi membahas penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), secara Join Zoom bersama Presiden RI Ir H Joko Widodo bertempat di Mess Nagara Dipa Kabupaten Hulu Sungai Utara. Senin (22/02/2021)

Rapat secara virtual ini dipimpin langsung Presiden RI Ir H Joko Widodo,serta di jelaskan oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan RI (Menkopolhukam), Prof. Dr. Mohammad Mahfud MD, S.H., S.U., M.I.P. 


 Adapun yang di sampaikan oleh Presiden dalam acara Video Conference tersebut,

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, Salam sejahtera bagi kita semua. Pada hari ini kita melaksanakan Rakor melalui Video Conference Rapat Koordinasi dan Penetapan Status Siaga Darurat Penanggulangan Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan Tahun 2021. 

Untuk mengingatkan wilayah rawan kebakaran, apabila di wilayah itu terjadi kebakaran dan tidak teratasi, maka pangdam, kapolda dan gubernur akan saya copot. Puncaknya bln agustus - september agar di cek betul kesiapannya. Prioritaskan pencegahan jangan sampai terlambat. Monitoring daerah yg rawan kebakaran harus sampai tingkat bawah. Libatkan babinsa, babinkamtibnas dalam pencegahan kebakaran. 

"Kebakaran hutan ini 99% di akibatkan oleh manusia. Karena pembakaran lahan paling mudah untuk pembukaan lahan. Buat sumur bor, kanal supaya pemadaman lebih cepat dalam pemadaman. Penegakan hukum yg tegas dan sanksi bg pembakaran hutan, Imbuhnya".


Sementara itu, Komandan Kodim 1001/Amt Letkol Inf Ali Ahmad Satriyadi, S.I.P., M.Tr (Han), mengharapkan untuk wilayah Kabupaten Hulu Sungai Utara agar penanganan yang serius dalam permasalahan kebakaran hutan dan lahan ini, diharapkan adanya pos komando penanganan Karhutla disertai dengan penjagaan yang cepat dan tanggap. Dilaksanakan patroli rutin bersama anggota organisasi Karhutla guna memantau situasi. "Ungkap Dandim.

Turut hadir dalam rapat tersbut Bupati Hulu Sungai Utara Drs H Abdul Wahid, H.K.,M.M., M,Si Kapolres Hulu  Sungai Utara AKBP Afri Darmawan, S.I.K,.M.HSIK, Kajari HSU Novan Hadian S.H., M.H. dan Ketua BPBD Kab HSU Sugeng Riyadi. (pendim1001)

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Contact form

Name

Email *

Message *

Back to Top