-->

Tuesday, 23 February 2021

Pangdam XVIII/Kasuari Terima Kunjungan KPP Pratama Manokwari


BARITORAYAPOST.COM (Manokwari. kasuari18) -
Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, S.E., M.Tr.(Han) menerima kunjungan personel dari Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Manokwari, Selasa (23/2/2021) di Makodam XVIII/Kasuari, Trikora Arfai 1, Manokwari, Papua Barat.

Pangdam yang didampingi Kasdam Brigjen TNI Djoko Andoko, Irdam Brigjen TNI Steve C. Parengkuan, dan Kakudam XVIII/Kasuari Kolonel Cku Muhamad Fauzi, S.E menerima Kepala KPP Pratama Manokwari Tb. Sofiuddin, yang datang bersama Kepala Seksi Ekstensifikasi dan Penyuluhan Puguh Setiyono, Kepala Seksi Pengolahan Data dan Informasi Perpajakan Marjono, beserta para stafnya.


"Kami dari Kantor Pelayanan Pajak Pratama Manokwari, pertama kami ingin bersinergi guna membantu tugas-tugas kami, dan tadi sudah dibicarakan TNI dalam hal ini Kodam akan membantu masalah Kanvasing (penyisiran di suatu wilayah untuk mendapatkan data masyarakat yg sudah wajib NPWP tapi belum daftar dan/atau masyarakat sudah punya NPWP tapi belum menunaikan kewajibannya)," kata Kepala KPP Pratama Manokwari.

Terkait dengan penguasaan wilayah untuk keperluan pemajakan (penarikan pajak), Kepala KPP Pratama Manokwari ini menilai, TNI memiliki kemampuan, pengetahuan, dan jangkauan dalam penguasaan wilayah hingga pelosok, sehingga dianggap lebih memahami kondisi masyarakat dalam hal ekonomi, sosial budaya, dan lainnya. Untuk dapat menjangkau wilayah hingga pelosok, KPP tidak memiliki kemampuan namun TNI lah yang dirasa mampu. Dalam penguasaan wilayah, TNI dinilai lebih menguasai titik-titik ekonomi di suatu wilayah dibandingkan institusi KPP.


“Hal itu akan membantu kami dalam menambah jumlah wajib pajak, yang tentunya juga dalam rangka meningkatkan sinergitas. Di bagian lain kami meminta bimbingan masalah tema penguatan mental pegawai kami untuk bela negara dan cinta NKRI. Hal itu juga yang kami inginkan dari sinergitas ini," ujar Tb. Sofiuddin.

Di tempat yang sama, Pangdam XVIII/Kasuari menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan tamu dari KPP Pratama Manokwari, yang datang bersilaturahmi ke Kodam XVIII/Kasuari.

“Kami berterima kasih atas kunjungan Kepala KPP Pratama Manokwari dan rombongan ke Kodam dalam rangka silaturahmi sekaligus memperkuat komitmen untuk bersama-sama membangun tanah Papua Barat ini," ucapnya.


Menurut Pangdam, apabila terdapat program pemerintah terkait dengan perpajakan, maka para wajib pajak, baik warga masyarakat, Prajurit TNI, Polri, dan institusi swasta harus kompak dalam menaati kewajiban membayar pajak negara.

“Apalagi kita sebagai aparatur negara harus memberikan contoh dan bisa menjadi teladan bagi masyarakat dan pihak swasta, melalui kedisiplinan dan konsistensi para Prajurit TNI dalam kewajibannya membayar pajak. Karena tujuan dari penerapan pajak adalah bagi kepentingan membangun Indonesia, juga untuk menggaji TNI, dan membantu pemulihan ekonomi di tengah pandemi Covid-19. Banyak sekali hal-hal yang bisa dilakukan dalam situasi dan kondisi pandemi saat ini,” ungkap Mayjen I Nyoman Cantiasa.

(Pendam XVIII/Ksr)

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Contact form

Name

Email *

Message *

Back to Top