-->

Sunday, 21 February 2021

Pelayanan Sim Keliling Dan Samsat Keliling Di Polsek Jaya Karya

BARITORAYAPOST.COM (Polres Kotawaringin Timur) - Kotim (21/02/2021) Polsek Jaya Karya bersama dengan Sat Lantas Polres Kotim jajaran Polda Kalteng, memberikan pelayanan SIM keliling dan Samsat keliling di halaman Kantor Polsek Jaya Karya jalan H.M. Arsyad Km.43 Samuda Kecamatan Mentaya Hilir Selatan, Kabupaten Kotim, Provinsi Kalteng. 

Dalam pelayanan SIM keliling tersebut melayani penerbitan perpanjangan SIM A dan C. Sedangkan untuk pelayanan Samsat keliling melayani pengurusan pengesahan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) setiap tahun, pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Santunan Wajib Dana Kecelakaan Lalu-lintas (SWDKLL)

Satpas Keliling yang selanjutnya disebut unit pelayanan SIM Keliling adalah Satuan penyelanggara Administrasi SIM. Unit kerja Polri dibidang Pelayanan SIM diluar lingkungan kantor Kepolisian dengan mengendarai Ranmor Bus dimodifikasi yang difungsikan untuk pelayanan penerbitan perpanjangan SIM A dan C.

Adapun persyaratan penerbitan perpanjangan SIM A dan C yaitu a. Perpanjangan SIM dilakukan sebelum masa berlaku berakhir b. Mengisi formulir permohonan SIM c. Melampirkan SIM lama yang akan diperpanjang (Asli) dan dua lembar foto copy d. Melampirkan kartu tanda penduduk asli setempat yang masih berlaku serta 2 (dua) lembar foto copy e. Melampirkan dokumen keimigrasian bagi warga negara asing (WNA) f. Melampirkan surat keterangan dokter g. Pas foto 3X4 terbaru dari peserta perpanjangan Melampirkan tanda pembayaran permohonan penerbitan (TP3S) dari BRI.

Sedangkan persyaratan Pelayanan Samsat Keliling adalah E-KTP Asli Pemilik sesuai data di STNK, selanjutnya BPKB Asli-Foto kopi, STNK Asli dan Bukti Pelunasan PKB dan SWDKLL  tahun terakhir.

Kegiatan tersebut bermaksud untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat (Wajib Pajak) dalam pengurusan pengesahan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) setiap tahun, pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Santunan Wajib Dana Kecelakaan Lalu-lintas (SWDKLL) dan Mendekatkan pelayanan kepada Masyarakat atau Wajib Pajak.

“Pelaksanaan Sim dan Samsat Keliling tersebut sangat membantu warga Kecamatan Mentaya Hilir Selatan khususnya warga Samuda yang akan memperpanjang Sim ataupun pengurusan Pajak Kendaraan karena warga masyarakat tidak perlu repot melakukan perjalanaan dengan resiko kecelakaan dijalan untuk menuju ke Kantor Lantas atau Samsat dikota Sampit yang berjarak kurang lebih 45 km” Ujar Kapolsek Jaya Karya AKP Agoes Trigonggo, S.H.(Smd)

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Contact form

Name

Email *

Message *

Back to Top