-->

Sunday, 21 February 2021

Satpolairud Polres Kotim Laksanakan Pemeriksaan Kapal

BARITORAYAPOST.COM (Polres Kotawaringin Timur) - Kotim (21/02/2021) Satpolairud Polres Kotim jajaran Polda Kalteng, rutin melaksanakan kegiatan pemeriksaan kapal di Das Mentaya perairan Ds.telaga baru, Kabupaten Kotim, Provinsi Kalteng.

Dalam pelaksanaan pemeriksaan kapal tersebut dilakukan oleh Personil satpolairud yang sedang piket serta dari unit gakkum. nampak terlihat bahwa personil Satpolairud sedang mengecek kelengkapan dokumen kapal, nakhoda dan para anak buah kapal serta dokumen muatan kapal.

Dalam hal ini di lakukan selain mengantisipasi terjadinya pelanggaran pelayaran juga mengantisipasi terjadinya tindak pidana berupa illegal logging, illegal mining, illegal BBM dan illegal fishing serta tindak pidana Narkoba.

Kapolres kotim AKBP Abdoel Harris Jakin, S.H., S.iK melalui Kasat Polairud Polres Kotim AKP.Junaldi, S.H menuturkan bahwa kegiatan tersebut adalah kegiatan rutin untuk mencegah terjadinya pelanggaran pelayaran dan tindak pidana di kapal sesuai dengan undang pelayaran no 17 tahun 2008 tentang pelayaran dan KUHP.

Lebih lanjut Kasatpolairud Polres Kotim menjelaskan bahwa selain pemeriksaan dokumen kapal dan manifest muatan disampaikan juga kepada nakhoda dan abk kapal pada saat tiba di berlayar agar tidak turun dari kapal terlebih dahulu sebelum ada pemeriksaan dari kesehatan kepelabuhan.

Dengan dilakukannya pemeriksaan kapal terhadap setiap kapal yang melintas atau berlayar di Das mentaya, tindak pidana dan pelanggaran pelayaran dapat diminimalisir. (PolairSpt-02)

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Contact form

Name

Email *

Message *

Back to Top