-->

Sunday, 14 February 2021

Sebanyak 6 Rumah di Kawasan Padat Penduduk di Pulang Pisau Terbakar

BARITORAYAPOST.COM (Pulang Pisau) -
Sebanyak enam  unit rumah dikawasan padat penduduk di Jalan Nurul Iman Gang Kapakat RT 05 Kelurahan Pulang Pisau, Minggu (14/2) ludes terbakar. Kebakaran diduga akibat konsleting listrik pada terminal jek Listrik dari dinding dapur rumah, Hairiansyah.

Diduga terminal jek tersebut tidak SNI sehingga tidak mampu menahan beban arus daya listrik yang di salurkan ke alat elektronik di rumah Hairinsyah, seperti TV, Kulkas  & Magic Com.

Kapolres Pulang Pisau AKBP Yuniar Ariefianto SH.SIK.MH melalui Kapolsek Kahayan Hilir Iptu Widodo SE mengatakan hasil olah TKP, dugaan sementara kebakaran berasal dari konsleting listrik pada terminal jek listrik dari dinding dapur rumah, Hairiansyah.

" Terminal jek tersebut tidak SNI sehingga tidak mampu menahan beban arus daya listrik yang di salurkan ke alat elektronik di rumah Hairinsyah, seperti TV, Kulkas  & Magic Com, " ungkap Widodo, Minggu (14/2).

Widodo menjelaskan kronologisnya bermula pada saat korban Hairiansyah meninggalkan rumahnya dalam keadaan kosong, dimana pada saat di tinggalkan korban memasak menggunakan magic jer (Penanak Nasi).


Korban berkunjung ke rumah tetangga dan pada saat itu ada tetangga sekitar rumah korban, berteriak : " API - API " dan korban langsung mendatangi asal orang yang berteriak tersebut. Setelah didekati korban, kata Widodo, ternyata api sudah membakar horden dan plafon dari terminal listrik dan menjalar di dinding bagian dapur.

" Terminal listrik tersebut digunakan untuk menghidupkan kulkas, magic jer, TV yang dalam posisi ON, " kata Widodo.


Melihat api semakin membesar, terang Widodo, saat it korban berusaha memadamkan api memggunakan pompa air. Namun, pompa tersebut tidak berfungsi. Sementara kobaran api semakin membesar dan menjalar cepat mengahuskan rumah korban, kemudian merambat dan menjalar kerumah tetangga kiri dan kanan rumah hingga menghanguskan sebanyak 6 rumah bangunan semi permanen terbuat dari kayu dan atap seng itu.

" Dugaan sementara asal api akibat konsleting listrik pada terminal jek di dinding dapur rumah Hairiansyah hingga menghanguskan 6 rumah, dengan kerugian kurang lebih 500 juta, " tandasnya. (BS/Red/BRP).

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Contact form

Name

Email *

Message *

Back to Top