Sunday, 14 February 2021

Team UKL KRYD Polres Kotim Laksanakan Operasi Yustisi Protkes Malam Hari

BARITORAYAPOST.COM (Polres Kotawaringin Timur) - Kotim (14/02/2021) Team UKL KRYD Polres Kotim jajaran Polda Kalteng, pada hari libur tetap melaksanakan kegiatan yang salah satunya adalah Melaksnakan Operasi Yustisi Disiplin Protokol Kesehatan di dalam Kota Sampit, Kabupaten Kotim, Provinsi Kalteng.

Kegiatan Operasi Yustisi penegakan Disiplin Protokol Kesehatan yang selama ini dilaksanakan pada pagi hari menjelang siang, namun kali ini Polanya dirubah yakni disamping terus dilakukan pada siang hari untuk selanjutnya juga dilaksanakan pada malam hari. 

Pada kegiatan kali ini yang melaksanakan Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) adalah dari Tim UKL II Bravo sebanyak 30 Personil yang disiagakan sebagai Personil Cadangan Standby On Call, dalam kegiatan rutin patroli diberdayakan juga untuk memback up kegiatan Operasi Yustisi yang dilaksanakan oleh Satgas Covid - 19 Kabupaten Kotim. 

Hal ini dilakukan mengingat Pola Pendisiplinan Protkes pada siang hari telah banyak diketahui, namun dari hasil pantauan pada malam hari masih banyak terlihat warga yang tidak disiplin Protkes saat beraktifitas diluar rumah, terutama orang-orang yang masih berusia remaja dan warga yang datang dari luar kota Sampit. 

Adapun Operasi Yustisi kali ini pelaksanaannya secara Stationer bertempat  di Jl. Jenderal Ahmad Yani  Sampit, yang juga merupakan jalur jalan Protokol untuk masuk kedalam pusat Kota Sampit, bentuk kegiatan adalah melaksanakan pemantauan aktifitas masyarakat terkait kepatuhan Disiplin protokol kesehatan, seperti penggunaan masker yang baik dan benar, untuk  menumbuhkan kesadaran partisipasi masyarakat dalam  pencegahan penyebaran Covid 19 di kota Sampit.

Adapun himbauan yang disampaikan oleh tim yakni terkait penekanan kembali dalam menjaga jarak saat beraktifitas, mengurangi perkumpulan, sering mencuci tangan apabila sebelum dan sesudah melakukan aktifitas serta penggunaan masker bersih dengan baik dan benar, selanjutnya yang saat ini ditekankan adalah agar mengurangi Mobilitas yang dirasa kurang penting.

Terhadap pengendara / masyarakat sekitar yang diketahui lalai dalam menjalankan protokol kesehatan terutama penggunaan masker langsung diserahkan kepada tim Satgas Covid 19 untuk dilakukan penindakanan secara Humanis sesuai dengan Perbub Kotim No.29 tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19, dengan harapan dapat memberikan efek Positif kembali mengingatkan akan pentingnya Disiplin Protokol Kesehatan dimasa-masa sekarang.

Kapolres Kotim AKBP. Abdoel Harris Jakin, S.I.K, M.Si melalui Perwira yang ditunjuk dalam Satgas Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Kotim IPDA. Rinto Andoyo menerangkan bahwa dalam rangka me ndukung 4 Fokus Kapolda Kalteng 2021, yang salah satunya adalah Mitigasi Covid-19, maka Kegiatan Operasi Yustisi Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan ini akan terus dilakukan, dengan waktu yang tidak ditentukan secara Random, dengan harapan semakin meningkatnya Kesadaran Masyarakat serta angka Positif Covid-19 bisa ditekan sementara berlangsungnya Proses tahapan Vaksinasi, jelasnya. (Hums-Spt)

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Contact form

Name

Email *

Message *

Back to Top