-->

SELAMAT DATANG DI POLTAL BERITA ONLINE BARITORAYAPOST.COM | SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA 1442 H | MARHABAN YA RAMADHAN

Saturday, 20 March 2021

Bupati Bartim Buka Bimtek Untuk ASN Guna Meningkatkan Kinerja Di Bidang Pengelolaan Keuangan Daerah


Bupati Barito Timur, Ampera AY Mebas,SE.,MM, secara resmi membuka kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada para Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bergerak pada bidang Pengelolaan Keuangan Daerah.


BARITORAYAPOST.COM (Tamiang Layang) -
Bupati kabupaten Barito Timur (Bartim) Provinsi Kalimantan Tengah, Ampera AY Mebas,SE.,MM, secara resmi membuka kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada para Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bergerak pada bidang Pengelolaan Keuangan Daerah.


Tujuan daribpenyelenggaraan Bimtek tersebut, menurut orang nomor satu di bumi yang berjuluk 'Gumi Jari Janang Kalalawah ini adalah bentuk profesional kinerja ASN di bidangnya yang patut untuk lebih ditingkatkan agar dapat terlaksananya tertib administrasi dalam penatausahaan dan pengelolaan keuangan daerah secara khusus kabupaten Bartim.


Kegiatan tersebut juga mendapat dukungan dari pihak terkait, terlebihnya Pemkab Bartim menjalin kerjasama dengan Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri sebagai pemateri maupun narasumbrr pada penyelenggaran Bimtek Penatausahaan dan Pelaporan Keuangan Sistem Informasi Pemerintahan Daerah  (SIPD) bagi Pengelola Keuangan Daerah, yang digelar di gedung Mantawara. Jumat (19/03/2021).

Bupati menjelaskan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari dengan pendampingan dari pemateri kegiatan Direktur Pelaksanaan dan Pertanggungjawaban Keuangan Daerah Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri, DR. Drs. Horas Maurits Panjaitan M. Ec. Dev. beserta staf, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Bartim yang diikuti oleh ratusan peserta Bimtek.



Dalam sambutannya Bupati Bartim Ampera menyampaikan bahwa kegiatan tersebut berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 77 Tahun 2020 mengamanahkan Pedoman Teknis Pengelolaan Keuangan Daerah meliputi perencanaan, penganggaran, pelaksanaan penatausahaan, pelaporan, pertanggungjawaban, dan pengawasan keuangan daerah, dan hal-hal yang berkaitan.


"Dalam hal ini Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah baik tingkat Provinsi, Kota/Kabupaten menyusun perencanaan dan pengelolaan anggaran yang akan dilaksanakan dalam satu tahun ke depan. Dalam pengelolaan keuangan daerah, cara dan pola baru berupa tuntutan agar melakukan pengelolaan keuangan daerah yang bertujuan untuk kepentingan publik," ucapnya.


Lebih lanjut, menurutnya hal ini meliputi tuntutan kepada pemerintah daerah untuk membuat laporan keuangan dan transparansi informasi anggaran kepada publik, jelas Bupat


Dirinya juga mengatakan bahwa Bimtek yang dilaksanakan, guna meningkatkan pengetahuan para pengelola keuangan daerah di lingkup Bartim maka dilaksanakanlah kegiatan ini sehingga para peserta dapat meningkatkan wawasan serta informasi terkait SIPD beserta mengimplementasikannya sesuai aturan yang berlaku.




"Kita berharap, para peserta bisa melaksanakan Bimtek dengan baik agar dapat lebih profesional kinerjanya," tutup Bupati Bartim, Ampera AY Mebas.

Adapun Bimtek tersebut terlaksan dan turut diikuti oleh Pejabat Penatausahaan Keuangan, Kasubbag Perencanaan, Kasubbag Keuangan maupun Kasubbag Perencanaan dan Keuangan OPD serta Bendahara Pengeluaran se- Bartim. (YCP/Red)

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Contact form

Name

Email *

Message *

Back to Top