-->

SELAMAT DATANG DI POLTAL BERITA ONLINE BARITORAYAPOST.COM | SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA 1442 H | MARHABAN YA RAMADHAN

Thursday, 25 March 2021

DPRD Barsel dan Pemkab Sinkronisasi Data Pembangunan Dengan Aplikasi SIPD


BARITORAYAPOST.COM (Buntok) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) beserta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat sinkronisasi data pembangunan menggunakan aplikasi Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD). 

Kegiatan penggunaan aplikasi tersebut bertujuan untuk menyinkronkan hasil musyawarah perencanaan pembangunan daerah (Musrenbang) yang dilaksanakan eksekutif dengan pokok - pokok pikiran dewan.

"Kegiatan ini dilakukan untuk pelaksanaan kegiatan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2022 mendatang," ucap Ketua DPRD Barsel HM Farid Yusran  usai memimpin rapat itu, Selasa, (23/03/2021) di Buntok.

Lantaran perihal itu, pihak dewan Barsel sangat mendukung adanya aplikasi SIPD itu. Dijelaskan dia, terkait adanya aplikasi SIPD tersebut, pihaknya bisa memantau kegiatan perencanaan pembangunan yang akan dilaksanakan nantinya.

"Kalau data suatu perencanaan tidak masuk ke aplikasi SIPD, maka akan sulit untuk direalisasikan dan berarti program perencanaan tersebut dapat dinilai tidak terencana dengan baik," imbuh politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI) - Perjuangan Barsel.

Terpisah, Adi Nugraha, Kasubid Perencanaan Pembangunan pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Barsel itu mengutarakan, penggunaan aplikasi SIPD ini sesuai dengan Permendagri Nomor 70 Tahun 2020 Tentang SIPD.

Sebab, dengan aplikasi tersebut semua perencanaan pembangunan daerah termasuk usulan dewan akan diinput melalui aplikasi itu.

"Karena semua tahapan perencanaan pembangunan, dari musrenbang desa, kecamatan hingga ke tingkat kabupaten maupun forum gabungan akan diinput didalam aplikasi SIPD ini," tuturnya.

Termasuk juga terkait dengan rancangan-rancangan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) secara bertahap dari awal hingga akhir juga akan dimasukan didalam aplikasi SIPD.

"Maka apabila ingin mengetahui suatu perencanaan, kita bisa dengan mudah menelusurinya melalui aplikasi SIPD ini," terangnya.

Sekedar informasi, kegiatan acara rapat sinkronisasi data perencanaan pembangunan melalui aplikasi SIPD dihadiri sejumlah anggota DPRD Barsel dan dari pihak eksekutif kabupaten setempat. (Amr/Red/BRP). 

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Contact form

Name

Email *

Message *

Back to Top