-->

SELAMAT DATANG DI POLTAL BERITA ONLINE BARITORAYAPOST.COM | SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA 1442 H | MARHABAN YA RAMADHAN

Tuesday, 23 March 2021

Ensilawatika Wijaya Dilantik Menjadi Ketua KKP Barsel

Ketua KKP Barsel Ensilawatika Wijaya diambil foto saat dirinya diwawancarai awak media, seusai kegiatan pelantikan didepan pintu keluar Aula DPRD kabupaten setempat.


BARITORAYAPOST.COM (Buntok) - Ensilawatika Wijaya, yang merupakan Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) dilantik sebagai Ketua Kaukus Perempuan Parlemen (KKP) kabupaten setempat, periode 2021-2024.

Pelaksanaan pelantikan tersebut berlangsung dengan hikmat. Ensilawatika dan pengurus dilantik langsung Ketua KKP Provinsi Kalteng, Andina Theresia Narang, di Buntok, Selasa, 16 Maret 2021 lalu, di Aula DPRD kabupaten setempat.

Acara pelantikan KPP Barsel periode 2021-2024 tersebut dihadiri Wakil Bupati, Satya Titiek Atyani Djoedir dan Ketua DPRD kabupaten setempat, HM Farid Yusran.

Seusai kegiatan tersebut, Ensilawatika mengucapkan terimakasih banyak atas dilantiknya dia menjadi Ketua KKP Barsel. Melalui KKP ini pihaknya selaku anggota legislatif dinilai dapat membantu kegiatan pemerintah terkait dengan perihal keperempuanan.

"Sebab KPP adalah wadah bagi anggota DPRD perempuan. Adapun tujuan terbentuk KPP ini supaya tidak terjadi diskriminasi terhadap perempuan. Melalui KKP ini perempuan juga bisa mengambil kebijakan publik," tuturnya.

Lantaran itu, dengan KKP ini, pihaknya berupaya merubah pola pikir  masyarakat agar tidak alergi dengan perempuan apabila terlibat di dunia politik. Karena, dengan keterlibatan perempuan didalam politik justru melindungi atau membela hak perempuan itu sendiri.

"Oleh sebab itu, perlunya kesadaran tersebut terbangun dimasyarakat sejak dini terkait dengan keperempuanan itu sendiri," imbuh dia.

Maka dari itu, pihaknya nantinya merencanakan bersama dengan pemerintah kabupaten (Pemkab) melalui kesbangpol untuk mensosialisasikan perihal politik perempuan tersebut dimaksud.

Semua itu dilakukan agar kedepannya,  jumlah perempuan yang masuk dalam parlemen mengalami peningkatan dari 40 persen menjadi 50 persen.

"Ini merupakan wacana dari KPP Barsel. Ke depan, kita akan melaksanakan sejumlah kegiatan-kegiatan lainnya setelah pengurus KPP Barsel dilantik," ucap Politisi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) - Perjuangan Barsel ini.

Pengurus KKP Barsel berfoto bersama seusai dilantik di aula DPRD kabupaten setempat.


Di moment yang sama, Ketua KPP Kalteng, Andina Theresia Narang menyampaikan, setelah dirinya melantik KKP Barsel, maka pelantikan KKP tersebut juga dilantik di Kabupaten Bartim serta kabupaten dan kota dilingkup provinsi setempat.

Dengan dihadirinya Wakil Bupati Barsel yang merupakan seorang perempuan dalam pelantikan KKP ini, 
menunjukan bahwa Pemkab kabupaten setempat akan berkolaborasi dengan KKP yang telah dilantik ini.

"Dengan kolaborasi tersebut jumlah perempuan yang tadinya sebanyak 30 persen mengalami peningkatan lagi dari sebelumnya," paparnya.

Oleh sebab itu, dirinya meminta KPP Barsel yang telah dilantik bisa berkolaborasi dengan pemerintah dan mendukung pembangunan pro gender agar perempuan-perempuan di kabupaten ini dapat lebih diperhatikan lagi.

"Karena itu kami mendorong agar di Barsel dapat dibuat Peraturan Daerah (Perda) yang berhubungan dengan lebih memperhatikan perempuan," pinta Andina yang juga Anggota DPRD Provinsi Kalteng ini. 

Di tempat yang sama, kepada awak media, Wakil Bupati Barsel, Satya Titiek Atyani Djoedir mengatakan, sangat mendukung dengan terbentuknya KPP ini. Sebab, peran legislator perempuan lebih terlihat lagi untuk memperjuangkan hak perempuan di politik.

"Tentu semua itu akan mengundang perempuan-perempuan Barsel untuk bisa berkiprah lebih baik lagi di kabupaten yang kita cintai ini," katanya.

Sementara Ketua DPRD Barsel HM Farid Yusran mengutarakan perihal dukungan  pihaknya atas terbentuknya KKP Barsel ini. Dengan terbentuknya KKP tersebut diharapkan kedepanya bisa memperjuangkan hak-hak perempuan melalui kebijakan politik.

"Kami sangat menyambut baik dan mendukung terbentuknya KPP," demikian pungkasnya. (Amr/Red/BRP). 

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Contact form

Name

Email *

Message *

Back to Top