-->

SELAMAT DATANG DI POLTAL BERITA ONLINE BARITORAYAPOST.COM | SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA 1442 H | MARHABAN YA RAMADHAN

Friday, 26 March 2021

Pengadilan Negeri Pulang Pisau Sosialisasikan Aplikasi e-Court

BARITORAYAPOST.COM (Pulang Pisau) - Dalam rangka meningkatkan mutu dan kualitas pelayanan menuju pengadilan modern, Pengadilan Negeri Pilang Pisau melakukan sosialisasi dan pelatihan Aplikasi e-Court. Kegiatan tersebut dilaksanakan di aula kantor setempat, Jumat (26/3/2021).

Ketua Pengadilan Negeri Pulang Pisau, Dr Nenny Ekawaty Barus SH.MH mengatakan bahwa seiring perkembangan aplikasi e-Court, yang dapat digunakan oleh pengguna terdaftar yaitu Advokat dan Pengguna Lainnya yaitu Perorangan, Badan Hukum, Pemerintah, Kuasa Isidentil untuk pengajuan Gugatan, Bantahan, Gugatan Sederhana, dan Permohonan, sekarang ini telah dapat melakukan Upaya Hukum Banding melalui aplikasi e-court.

Aplikasi E-Court ini kata Nenny, terdiri dari E-Filling untuk melakukan pendaftaran perkara, E-Payment untuk melakukan pembayaran panjar biaya perkara (dimana panjar biaya perkara ini akan terhitung secara otomatis yang disesuaikan dengan SK KPN Pulang Pisau tentang Penetapan Biaya Panggilan/Pemberitahuan dalam wilayah hukum Pengadilan Negeri Pulang Pisau), E-Summons merupakan panggilan sidang secara elektronik, dimana para pihak akan dipanggil dan diberitahukan jadwal sidang oleh Jurusita melalui Email.

Sementara untuk E-Litigation lanjutnya,merupakan  persidangan secara Elektronik untuk para pihak memberikan dokumen Jawaban, Replik, Duplik, Kesimpulan, hingga sampai Putusan sehingga untuk acara sidang tersebut para pihak tidak perlu hadir langsung ke ruang sidang pengadilan negeri pulang pisau. Dengan catatan para pihak setuju untuk melaksanakan E-litigation. 

"Pada akhirnya setelah sidang putusan, para pihak pun dapat mengambil salinan putusan tersebut juga melalui E-court dengan cara membayar uang PNBP redaksi Rp. 10.000 per putusan atau per penetapan dan PNBP uang leges 500 rupiah per lembar melalui virtual akun yang akan muncul lalu mendownload putusan tersebut di akun e-courtnya masing-masing," kata Nenny menjelaskan

Dengan sosialisasi dan pelatihan Aplikasi e-Court perkara ini diharapakan mempu meningkatkan dan fungsinya dalam menerima pendaftaran perkara secra online sehingga dapat menghemat waktu dan biaya masyarakat pada saat pendaftaran perkara, " kata Nenny menjelaskan

" Kita berharap, dengan disosialisasikan Aplikasi e-Court ini, masyarakat dapat dengan mudah mengakses untuk melakukan pendaftaran perkara, sehingga mampu menghemat waktu, biaya dalam proses pendaftaran perkaranya, " tandasnya (BS/Red/BRP).

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Contact form

Name

Email *

Message *

Back to Top