-->

SELAMAT DATANG DI POLTAL BERITA ONLINE BARITORAYAPOST.COM | SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA 1442 H | MARHABAN YA RAMADHAN

Tuesday, 23 March 2021

Tingkatkan Peran Masyarakat Dalam Mencegah Karhutla, Polres Barsel Gelar FGD

BARITORAYAPOST.COM (Polres Barsel) - Duduk bersama mencari solusi dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Kab. Barito Selatan (Barsel), Prov.Kalteng, Polres Barsel menggelar Focus Group Discussion (FGD) bersama instansi terkait yang bertempat di Aula Hotel Afiat, Buntok. Kamis (27/8/2020) pukul 09.00 WIB.

Dengan tema “Upaya Meningkatkan Peran Serta Masyarakat Dalam Mencegah Karhutla dan Membuka Lahan Dengan Kearifan Lokal” kegiatan tersebut juga diikuti oleh tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh pemuda serta relawan Masyarakat Peduli Api (MPA).

Kapolres Barsel AKBP Agung Tri Widiantoro, S.I.K., M.H. dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan tersebut bertujuan agar masyarakat paham tentang UU Karhutla serta ancaman hukuman pidana dan perdata jika melakukan pembakaran hutan serta menjadi sarana untuk mengetahui kiat-kiat membuka lahan dengan kearifan lokal.


Menurutnya persiapan untuk mengatasi Karhutla harus dimulai sejak dini, diantaranya dengan memetakan wilayah yang menjadi titik rawan Karhutla, kemudian dilakukan upaya pencegahan melalui sosialisasi maupun edukasi kepada masyarakat.

"Karhutla ini selalu menjadi agenda nasional dan merupakan atensi langsung dari Bapak Presiden RI, maka dari itu Polres Barsel tentunya juga sudah melakukan upaya preventif dan preemtif secara maksimal, baik dengan pemetaan titik rawan hotspot, Melakukan imbauan, sosialisasi kepada masyarakat maupun korporasi" beber Kapolres.

Dirinya menambahkan, peranan Bhabinkamtibmas, Babinsa, para tokoh maupun seluruh elemen masyarakat di lapangan sebagai garda terdepan diharapakan selalu bersinergi, bersatu bahu membahu mencegah terjadinya Karhutla dan menjadikan Kalimantan Tengah khususnya Kabupaten Barito Selatan bebas dari asap. (bow)

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Contact form

Name

Email *

Message *

Back to Top