-->

SELAMAT DATANG DI POLTAL BERITA ONLINE BARITORAYAPOST.COM | SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA 1442 H | MARHABAN YA RAMADHAN

Friday, 26 March 2021

Wujudkan Peradilan Modern, Pengadilan Negeri Pulang Pisau Sosialisasikan Aplikasi e-Court


BARITORAYAPOST.COM (Pulang Pisau ) - 
Dalam rangka meningkatkan mutu dan kualitas pelayanan menuju peradilan modern berbasis informatika, Pengadilan Negeri Pulang Pisau melakukan sosialisasi dan pelatihan Aplikasi e-Court. Kegiatan yang diikuti oleh perwakilan dari Kejaksaan Negeri Pulang Pisau, Advokad, BUMN, dan Koperasi tersebut dilaksanakan di aula kantor setempat, Jumat (26/3/2021).


Ketua Pengadilan Negeri Pulang Pisau, Dr Nenny Ekawaty Barus SH.MH mengatakan bahwa seiring perkembangan aplikasi e-Court, sekarang ini tidak hanya digunakan oleh Advokat atau pengguna terdaftar. Tetapi sekarang dapat digunakan oleh pengguna non Advokad atau lebih dikenal dengan pengguna Insidentil, diantaranya adalah pengguna perseorangan, pemerintah, dan badan hukum.

" Pada dasarnya, pengguna ini termasuk pengguna e-Court temporary, dan pengguna insidentil ini hanya berlaku secara elektronik untuk satu kali dan 14 hari setelah putusan, kemudian user tersebut tidak bisa mengakses perkara lagi, " kata Nenny menjelaskan

Aplikasi e-Court kata Nenny, merupakan instremen pengadilan sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat , yakni dalam hal pendaftaran perkara secara online, taksiran panjar biaya secara elektronik, pembayaran panjar secara online, pemanggilan secara online,dan persidangan secara online serta mengirim dokumen persidangan, baik itu Replik, Duplik, kesimpulan dan jawaban.

" Dengan sosialisasi dan pelatihan Aplikasi e-Court perkara ini diharapakan mempu meningkatkan dan fungasinya dalam menerima pendaftaran perkara secra online sehingga dapat menghemat waktu dan biaya masyarakat pada saat pendaftaran perkara, " kata Nenny menjelaskan

Nenny juga menyebutkan bahwa pendaftaran perkara online dalam aplilasi e-Court di Pengadilan Negeri Pulang Pisau saat ini baru dibuka pendaftaran untuk jenis perkara gugatan, bantahan, gugatan sederhana dan permohonan. Pendaftaran perkara ini kata Nenny, adalah jenis perkara yang didaftarkan di Pengadilan Umum, Pemgadilan Agama, dan Peradilan TUN yamg dalam pendaftarannya memerlukan effort ataunusaha yang lebih,dan dalam hal ini yang menjadi alasan untuk membuat e-Court, salah satunya untuk kemudahan berusaha.

" Kita berharap, dengan disosialisasikan Aplikasi e-Court ini, masyarakat dapat dengan mudah mengakses untuk melakukan pendaftaran perkara, sehingga mampu menghemat waktu, biaya dalam proses pendaftaran perkaranya, " tandasnya (BS/Red/BRP).

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Contact form

Name

Email *

Message *

Back to Top