SELAMAT DATANG DI POLTAL BERITA ONLINE BARITORAYAPOST.COM | SELAMAT IDUL FITRI | 1 SYAWAL 1442 H / 2021 M | MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN

Wednesday, 28 April 2021

Aksi Balapan Liar Hilang Warga Masyarakat Merasa Tenang


Polda Kalteng, Polres Kotim (28/04/2021) - Kegiatan Rutin Sat Lantas Polres Kotim  Jajaran Polda Kalteng, melaksanakan Kegiatan Blue Light Patrol Malam dan Subuh  dalam rangka Pencegahan Kejahatan jalanan dan balapan Liar  di Wilayah Kabupaten Kotawaringin Timur membuahkan hasil dan bisa dirasakan oleh masyarakat, terbukti dengan tidak adanya anak-anak yang melakukan Balapan Liar maupun yang hanya menonton kegiatan tersebut.

Hal ini di karenakan upaya pencegahan yang rutin berupa Kegiatan Blue Light Patrol pada titik rawan secara statis dan mobile serta penindakan kendaraan berknalpot Brong yang bekelanjutan di Lokasi tempat rawan Balapan Liar seperti Taman Kota Sampit, Jl. Cilik Riwut depan Stadion dan Jl. Jaksa Agung R. Suprapto yang di lakukan Sat Lantas Polres Kotim.

Kapolres Kotim AKBP Abdoel Harris Jakin S.i.K M.S.i Melalui Kasat Lantas Polres kotim AKP Salahiddin, S.H, S.E,  menjelaskan hasil kegiatan Patroli beberapa hari yang lalu terpantau ruas jalan dan lokasi yang sering di gunakan untuk balapan liar terpantau sudah sepi dan tidak ada lagi  anak-anak yang melakukan balapan liar dan nongkorong baik pada  saat malam hari ataupun subuh hari.

Dengan upaya rutin yang dilakukan kepolisian rupanya membuat para pembalap liar yang kebanyakan masih anak-anak, sudah sadar dan tidak melakukan kegiatan yang membahayakan serta mengganggu aktifitas masyarakat lain yang saat bulan Ramadhan mayoritas melaksanakan Ibadah Puasa ataupun ibadah sholat tarawih serta sholat Subuh.

Seperti yang disampaikan oleh Salah satu warga yang tinggal di sekitar tamam kota Sampit yang bernama Udin (42). Dia mengatakan saat ini anak-anak yang melakukan balapan liar sudah tidak ada sehingga  warga sekitar khususnya merasa tenang "Gak seperti kemarin-kemarin, tadi ini sudah betul-betul nampak kurangnya," kata Udin saat ditemui, Rabu  (25/4).

Udin menambahkan, sebelumnya dia sendiri dan warga lain juga merasakan hal sama, terganggu dengan trek trekan balapan dan suara motor yang keras terutama ketika waktu salat Subuh. "Trek-trekan sebelum salat Subuh sudah mulai. Selama ada patroli Alhamdulillah tidak ada lagi. Dengan adanya Patroli dari kepolisian warga bisa merasa tenang saat menjalankan Ibadah di bulan suci Ramadhan ini, imbuhnya.

"Walau balapan Liar sudah tidak ada kami akan tetap rutin melaksanakan kegiatan Blue Light Patrol Malam dan Subuh karena merupakan sudah tugas rutin kami, jelas Kasat.

"Apabila masih ada di temukan kembali anak anak yang berbalapan liar kami akan melakukan tindakan tegas dan humanis sesusai undang undang yang berlaku". Imbuh Kasat.

Tentunya Selain himbauan kamseltibcar Lantas pencegahan balapan liar, kami juga dilaksanakan himbauan dan Edukasi Protkes Covid 19 agar masyarakat selalu mematuhi 5M menjaga jarak, menggunakan masker dan mencuci tangan, Mengurangi Mobilitas dan Menghindari Kerumunan. Tambah Kasat (sep/lts).

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Contact form

Name

Email *

Message *

Back to Top