-->

SELAMAT DATANG DI POLTAL BERITA ONLINE BARITORAYAPOST.COM | SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA 1442 H | MARHABAN YA RAMADHAN

Friday, 30 April 2021

Distankep Bartim Dukung Program Ekonomi Kerakyatan


BARITORAYAPOST.COM (Barito Timur) -
Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Distankep)  Kabupaten Barito Timur (Bartim) Kalimantan Tengah, mendukung dan kawal program ekonomi kerakyatan dengan turut mendampingi dan mengevaluasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) 2021.

Hal tersebut disampaikan Kepala Distankep Bartim Trikorianto.
“Kami berupaya mengawal  program yang direalisasikan tidak berbenturan antara program desa dengan milik Pemkab Bartim, khususnya pada Distankep,” ucapnya di Tamiang Layang, Selasa 27 April 2021.

Menurutnya, program ekonomi kerakyatan pada Distangkep yang difokuskan tidak hanya sebatas pemberdayaan dan memberi bantuan saja, tetapi juga dalam bentuk kegiatan pembangunan fisik.

"Program ekonomi kerakyatan merupakan implementasi dari misi Pemkab Bartim Bartim 2018-2023 yakni meningkatkan ekonomi kerakyatan melalui sektor pertanian, hortikultura, perkebunan, peternakan, perikanan, koperasi, UMKM dan perluasan lapangan kerja," lanjutnya. 

Ditambahkannya, program ekonomi kerakyatan telah disusun secara matang dengan mempertimbangkan hasil yang ingin dicapai dan jelas, serta bermanfaat bagi masyarakat dan berdampak positif dalam mensejahterakan masyarakat kedepannya.

Adapun Kolaborasi program ekonomi kerakyatan dicontohkan pada Desa Bagok, Kecamatan Benua Lima. Distankep menopang program utama pertaniannya sedangkan Pemerintah Desa Bagok mengakomodasi dalam APBDes pembangunan penunjang pertanian seperti jalan usaha tani.

“Sebelum direalisasikan dilakukan evaluasi sehingga realisasinya cukup dilakukan desa dan hal itu lebih memudahkan dalam mempertanggungjawabkannya," ungkap Trikorianto.

Sudah ada puluhan desa di tiga kecamatan telah selesai dilakukan evaluasi APBDes tahun anggaran 2021.

Puluhan desa tersebut berada di Kecamatan Raren Batuah, Karusen Janang dan Benua Lima.

Pendampingan evaluasi APBDes 2021 tersebut juga turut dihadiri Sekda Panahaan Moetar, serta Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial (DPMDS), camat beserta perangkat desa, pungkasnya. (YCP/Red/BRP).

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Contact form

Name

Email *

Message *

Back to Top