SELAMAT DATANG DI POLTAL BERITA ONLINE BARITORAYAPOST.COM | SELAMAT IDUL FITRI | 1 SYAWAL 1442 H / 2021 M | MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN

Thursday, 29 April 2021

Ketua Komisi I DPRD Barsel Ingatkan Perangkat Desa : Penggunaan DD Harus Tepat Sasaran

Ketua Komisi I DPRD Barsel Raden Sudarto


BARITORAYAPOST.COM (Buntok) - Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Raden Sudarto, SH, mengingatkan pemerintahan desa diwilayah kabupaten setempat agar melaksanakan penggunaan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) tepat sasaran serta menyentuh masyarakat. 

"Semua itu bertujuan agar kerja pemerintah desa dalam penggunaan DD maksimal dan dirasakan langsung oleh masyarakat manfaatnya," ucapnya, beberapa waktu yang lalu, saat diwawancarai media ini diruang kerjanya. 

Dijelaskan dia, penggunaan dana desa harus sesuai kebutuhan masyarakat dan perencanaan pembangunan didasarkan pada aspirasi masyarakat yang dijaring melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (MPPD).

Lantaran perihal itu lanjut dia, pembangunan harus melibatkan masyarakat mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan. 

"Pelaksanaan kegiatan diharapkan menerapkan pemberdayaan masyarakat agar memberi nilai tambah kepada masyarakat,” imbuh anggota dewan dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Barsel ini.

Anggota dewan yang akrab di sapa H. Alex ini juga menyampaikan, konsep pembangunan kini dititik beratkan dengan memulainya dari desa, agar pemerataan pembangunan bisa cepat terlaksana," terang dia. 

Ia juga mengingatkan kepada aparatur pemerintah desa hendaknya sering berkoordinasi dan berkonsultasi ke kabupaten. Perihal itu dilakukan sangat penting dalam rangka pengawasan dan pembinaan supaya tidak ada pelanggaran hukum dalam pengelolaan keuangan desa.

"Tujuannya agar program yang dijalankan pemerintah desa bisa bersinergi dengan program pembangunan pemerintah kabupaten," demikian Pungkas Raden Sudarto. (Amr/Red/BRP).

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Contact form

Name

Email *

Message *

Back to Top