SELAMAT DATANG DI POLTAL BERITA ONLINE BARITORAYAPOST.COM | SELAMAT IDUL FITRI | 1 SYAWAL 1442 H / 2021 M | MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN

Tuesday, 27 April 2021

Perempuan Harus Mampu Membangun Jiwa Juang Atasi Setiap Situasi Sulit

Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Barsel, Ensilawatika Wijaya


BARITORAYAPOST.COM (Buntok) - Perjuangan Raden Ajeng (RA) Kartini dalam memperjuangkan emansipasi wanita seiring waktu ternyata berhasil. Meskipun memerlukan waktu lama dalam menghadapi segala tantangan di masyarakat, sebelum emansipasi wanita itu lahir.

Perjuangan emansipasi wanita itu sekarang telah banyak terbukti. Saat ini Kesetaraan pria dan wanita sudah hampir tidak ada pembatasannya.

Sebab, wanita boleh menjadi RT, RW, lurah, kepala desa, camat, bupati/walikota, gubernur, menteri, direktur bank, rektor pada universitas, bahkan ada yang telah menjadi presiden. 

Tidak hanya itu saja, kaum wanita juga boleh mencalonkan diri sebagai calon legislatif, tentara, polisi, pilot, dan lain-lainnya. Artinya tidak ada penghalang apapun bagi wanita untuk melakukan peran-peran sosial/politiknya tersebut.

Saat ini, untuk meraih cita-cita individu seorang perempuan tidak ada dinding pembatas. Tergantung pada dirinya sendiri. Bagi yang bercita-cita tinggi, berusaha keras, memiliki kepercayaan diri, optimisme, dan lain-lainnya mereka (perempuan) bisa meraih sukses.

Pasalnya, para perempuan bisa bersaing dengan siapapun, termasuk dengan kaum laki-laki di mana dan kapan saja. Karena, secara terbuka dimungkinkan kaum perempuan bisa memasuki arena persaingan di hampir semua bidang kehidupan. Perempuan, sebagaimana juga laki-laki, memiliki kebebasan yang luar biasa.

Ketua Komisi ll Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Kalimantan Tengah (Kalteng) Ensilawatika Wijaya mengatakan, untuk memaknai Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, kaum perempuan harus bisa membangun jiwa juang yang lebih dari sebelumnya, apalagi saat ini semua pihak memerangi pandemi Covid-19 itu.

Dalam memerangi Covid-19 tersebut, dampaknya terasa nyata bagi kita semua, khususnya aspek ekonomi.

"Oleh sebab itu, sebagai kaum perempuan kita harus membangun jiwa juang di setiap situasi yang kita hadapi sekarang ini," ucap wanita cantik berbadan tinggi semampai itu, kepada awak media, Senin (19/04/2021) di Buntok.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia - Perjuangan (PDI-P) Barsel ini menjelaskan, RA Kartini merupakan salah satu pahlawan kaum perempuan bangsa Indonesia. Selain sebagai sosok pahlawan, beliau juga dapat menjadi motivasi bagi kaum wanita di Indonesia.

Perayaan Hari Kartini yang jatuh setiap Tanggal 21 April itu, merupakan cara mengenang perjuangan RA Kartini. Karena RA Kartini merupakan sosok pahlawan wanita sekaligus motivator bagi kaum perempuan Indonesia.

"Di situasi seperti sekarang ini, mental dan jiwa pejuang perempuan itu harus tetap melekat pada diri kaum perempuan. Para perempuan harus mampu berperan dalam mengatasi wabah virus yang tangah melanda dunia, termasuk Indonesia," demikian pungkas Ensilawatika Wijaya itu. (Amr/Red/BRP).

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Contact form

Name

Email *

Message *

Back to Top