SELAMAT DATANG DI POLTAL BERITA ONLINE BARITORAYAPOST.COM | SELAMAT IDUL FITRI | 1 SYAWAL 1442 H / 2021 M | MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN

Wednesday, 21 April 2021

Polsek Lamandau dan masyarakat peduli api simulasikan penanganan Karhutla

BARITORAYAPOST.COM (Polda Kalteng, Polres Lamandau) - Kebakaran hutan dan lahan menjadi ancaman bencana di musim kemarau, untuk menghadapi kondisi tersebut, Polsek Lamandau, Polres Lamandau, Polda Kalteng, BPBD Kabupaten Lamandau dan masyarakat Peduli api melaksanakan simulasi penanggulangan karhutla, Rabu (21/4/2021) siang.


Kegiatan pelatihan dan simulasi tersebut digelar di lapangan l Desa Bayat yang di ikuti oleh Kelompok Tani peduli api desa binaan Perusahaan PT. FLTI terdiri dari Desa Bayat, Desa Tangga Batu, Desa Belibi dan Desa Sungai Buluh setiap tim terdiri 15 Anggota.

Dalam simulasi tersebut petugas BPBD memperkenalkan peralatan – peralatan yang di pergunakan untuk melakukan pemadam kebakaran, fungsi dan cara menggunakannya serta tehnis tehnis cara memadamkan api. 

Kapolsek Lamandau Ipda Herman Panjaitan, SH. menyampaikan simulasi penanganan karhutla bertujuan melatih kesiapan petugas dan masyarakat dalam menghadapi penanganan karhutla sehingga memiliki kesamaan persepsi dalam melaksanakan tugas di lapangan.

"Dengan bekal pelatihan tersebut harapannya petugas dan masyarakat peduli api sewaktu waktu terjadi kebakaran hutan dan lahan telah siap malakukan pemadaman," ungkapnya.

Lanjut Kapolsek menjelaskan, yang tidak kalah penting adalah saat melakukan pemadaman memperhatikan keselamatan petugas dan masyarakat dengan cara melakukan pedamanan sesuai dengan Standart Operasonal prosedur.

"Di himbau kepada masyarakat untuk tidak lagi membuka lahan dengan cara membakar agar tidak terjadi bencana Kebakaran," tutup Kapolsek. (MP)

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Contact form

Name

Email *

Message *

Back to Top