-->

SELAMAT DATANG DI POLTAL BERITA ONLINE BARITORAYAPOST.COM | SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA 1442 H | MARHABAN YA RAMADHAN

Monday, 5 April 2021

"TMMD Kodam XVIII/Kasuari, Membangun Kampung Terpencil Tanpa Sinyal Seluler"

BARITORAYAPOST.COM (Manokwari) - TMMD Ke-110 TA 2021 di berbagai Kotama TNI AD di seluruh wilayah Indonesia itu, secara serentak pada Rabu, 31 Maret 2021 telah berakhir. 

50 Kodim selaku Satuan Tugas atau Satgas TMMD) di 15 Kodam jajaran TNI AD siap memberikan pengabdian terbaiknya untuk mewujudkan "Sinergi Membangun Negeri" melalui kegiatan TMMD berupa Operasi Bakti TNI, yang dilaksanakan secara terpadu dan lintas sektoral, bersama Kementerian, Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Pemerintah Daerah, serta Komponen Masyarakat, sebagai upaya untuk mendukung percepatan pembangunan di daerah.

Demikian juga TMMD yang berlangsung di wilayah Kodam XVIII/Kasuari, tepatnya di Kodim 1802/Sorong jajaran Korem 181/PVT. TMMD yang digelar di Kampung Kamlin, Distrik Wemak, Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat ini telah ditutup, yang ditandai dengan penandatanganan naskah serah terima hasil kegiatan TMMD Ke-110 dari Dandim 1802/Sorong kepada Bupati Kabupaten Sorong dan penyerahan piagam penghargaan dari Pangdam XVIII/Kasuari (yang diwakili Danrem 181/PVT) kepada Bupati Kabupaten Sorong, dan dilanjutkan dengan penyerahan kunci rumah secara simbolis kepada warga masyarakat.


Di kampung yang berjarak 100 km dari ibukota Kabupaten Sorong dan tidak terjangkau sinyal telepon seluler ini, dilakukan pembangunan sasaran fisik TMMD berupa 8 unit rumah permanen tipe 42, pengecatan gereja, dan rehab MCK, juga sasaran non fisik yang meliputi penyuluhan bela negara, Kamtibmas, pendidikan, KB Kesehatan, pemutaran film perjuangan, pembagian sembako, penyuluhan stunting, Posyandu, Posbindu, dan pengobatan massal.

Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, S.E., M.T.r.(Han) juga telah meluangkan waktu untuk menengok para prajuritnya yang sedang bekerja keras di TMMD sekaligus menyalami warga masyarakat yang ada di sana.

"Bapak ibu semua, saya sangat bangga dan senang mendengar bahwa antusias warga di sini sangat besar terhadap TNI, terutama pada kegiatan TMMD ini. Semua ikut turun bekerja, besar, kecil, tua, muda, semua  saling bahu membahu dengan semangat," katanya dihadapan warga masyarakat Kampung Kamlin, Distrik Wemak, Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat, saat mengunjungi daerah yang menjadi lokasi (sasaran) TMMD Ke-110 di wilayah Kodim 1802/Sorong, Kodam XVIII/Kasuari tersebut.

Atas penyelenggaraan TMMD ini, perangkat kampung dan warga Kampung Kamlin merasa sangat bersyukur karena mereka akhirnya bisa merasakan kehidupan sehari-hari dengan lebih nyaman, aman, dan penuh suka cita.





(Pendam XVIII/Ksr)

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Contact form

Name

Email *

Message *

Back to Top