SELAMAT DATANG DI POLTAL BERITA ONLINE BARITORAYAPOST.COM | SELAMAT IDUL FITRI | 1 SYAWAL 1442 H / 2021 M | MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN

Monday, 3 May 2021

Cegah Stunting, Pemdes Sei Asem Harapkan Bantuan Distribusi Sampah Dengan Tata Kelola Distribusi


Kegiatan Pemerintah Desa Sei Asam beberapa waktu lalu 
(Foto: Kades Sei Asem For BRP)



BARITORAYAPOST.COM (Kapuas) - Salah satu upaya dalam pencegahan stunting, masih berkaitan dengan pengelolaan sampah yang baik atau sanitasi. Oleh karena itu, Pemerintah Desa Sei Asem, Kecamatan Kapuas Hilir, dalam waktu dekat akan mengajukan proposal kepada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kapuas terkait upaya penanganan sampah tersebut. 

Hal itu diungkapkan Kepala Desa Sei Asem, Masrawan, kepada media ini. Dijelaskannya, dengan pengelolaan sampah yang baik artinya memberikan edukasi pada masyarakat desa, karena sampah ini terkait sanitasi yang akhirnya adalah upaya mencegah stunting atau kekurangan gizi yang menghambat pertumbuhan. 

Pihaknya berharap dengan adanya bantuan distribusi sampah untuk Desa Sei Asem dan sekitarnya yang nantinya secara berkala pengangkutan sampah yang dikelola oleh DLH Kabupaten Kapuas, dapat beroperasi ke desa mereka untuk mengangkut sampah yang dikumpulkan di TPS desa. 


"Jadi dengan adanya bantuan distribusi dari angkutan sampah DLH Kapuas, bisa memberikan edukasi juga untuk masyarakat untuk tidak membuang sampah AN sembarangan. Dan tentunya dapat mencegah stunting. Maka itu, Pemdes dalam waktu dekat akan mengajukan proposal kepada DLH Kabupaten Kapuas terkait upaya penanganan sampah tersebut," ujar Masrawan kepada media ini melalui telepon selularnya, Senin 03 Mei 2021. 

Sementara itu, Kepala DLH Kabupaten Kapuas, Kusmiatie,  menanggapi positif harapan dari pihak Pemdes Sei Asem. Namun mengingat keterbatasan dana maupun tenaga yang menjalankan tugas tersebut, pihaknya tentu akan mengadakan perundingan bersama nantinya. 

Ia mencontohkan, disediakan Tempat Penampungan Sementara (TPS) agar mudah menuju satu titik lokasi pengambilan. Juga bantuan operasional untuk kendaraan angkut dan lainnya. (Rah/Red/BRP)

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Contact form

Name

Email *

Message *

Back to Top