SELAMAT DATANG DI POLTAL BERITA ONLINE BARITORAYAPOST.COM |

Thursday, 10 June 2021

Antisipasi Karhutla, Polsek Pulau Petak Ajak Warga Bergotong Royong Buka Lahan

BARITORAYAPOST.COM (Kuala Kapuas) - Dalam rangka antisipasi dan mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Polsek Pulau Petak terus melaksanakan kegiatan sosialisasi Larangan Karhutla, baik melalui spanduk dan penyampaian Maklumat Kapolda Kalteng tentang sangsi pidana buka lahan dengan cara membakar. 

Jajaran Personil Pulau Petak mengajak kepada warga masyarakat yang akan membuka lahan pertanian dan perkebunan dilakukan secara manual dengan cara bergotong royong.

Kapolres Kapuas AKBP Manang Soebeti melalui Kapolsek Pulau Petak Ipda Nur Rokhim mengatakan bahwa dalam rangka antisipasi terjadinya Karhutla, Jajaran Personil Polsek Pulau Petak secara intensif melaksanakan sosialisasi dan imbauan kepada masyarakat terkait  larangan Karhutla, baik melalui spanduk dan penyampaian Maklumat Kapolda Kalteng tentang sangsi pidana buka lahan dengan cara membakar.

Nu Rokhim menjelaskan bagi masyarakat yang dengan sengaja melakukan Karhutla, maka akan dikenakan sangsi dan pidana Pasal 187,188 KUHP, Pasal 78 UU No. 14 Th. 1999, Pasal 108 UU No. 39 Th. 2014 dan Pasal 25 Perda Kalteng No. 5 Th. 2003.
Dengan ancaman Pidana 15 Tahun dan denda 15 Milyar.

" Kita menghimbau kepada seluruh warga masyarakat, khususnya di kecamatan Pulau Petak yang akan membuka lahan pertanian dan perkebunan tidak diperkenankan dengan cara membakar, namun dilakukan secara manual dan bergotong royong buka lahan tanpa bakar (BLTB). Mari kita bersama-sama jaga lingkungan kita dari bahaya Karhutla, " tandasnya. (BS/Red/BRP).

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Back to Top