SELAMAT DATANG DI POLTAL BERITA ONLINE BARITORAYAPOST.COM |

Wednesday, 9 June 2021

Cuaca Panas Rawan Karhutla, Satpolairud Terus Sosialisasikan Maklumat Kapolda Kalteng




Polres Kotim (09/06/2021) - Seiring mulai bergantinya Musim dan jarangnya turun hujan serta mulai teriknya matahari pada siang hari mengakibatkan rawannya terjadi Karhutla di wilayah Kotim maka Satpolairud Polres Kotim jajaran Polda Kalteng melaksanakan giat sosialisasi larangan membakar hutan atau lahan kepada masyarakat Khususnya Masyarakat Perairan Kabupaten Kotim, Provinsi Kalteng.

Sosialisasi larangan membakar hutan tersebut dilakukan karena jika masyarakat membakar hutan atau lahan saat membuka lahan di khawatirkan dapat memicu kebakaran hutan dan lahan yang luas serta tidak terkendali. sesuai dengan maklumat Kapolda Kalteng nomor : Mak/01/II/2021 yaitu Sanksi pidana terhadap pembakaran hutan dan lahan, dengan Maklumat Kapolda Kalteng tersebut sebagai peringatan kepada masyarakat perairan agar tidak membakar hutan dan atau lahan.

Dalam kegiatan tersebut Personil Satpolairud menerangkan menjelaskan kepada masyarakat perairan tentang isi Maklumat Kapolda tersebut, agar masyarakat memahami bahwa membuka hutan dan atau lahan dengan cara membakar adalah salah dan dapat dihukum bahkan ancaman di penjara karena sudah dapat dipidana sesuai dengan undnag undang yang berlaku.

Kapolres Kotim AKBP Abdoel Harris Jakin, S.I.K., M.Si. melalui Kasat Polairud Polres Kotim AKP Herbet Parluhutan Simanjuntak, S.H. Mengharapkan kepada masyarakat agar tidak membuka hutan dan atau lahan dengan cara dibakar dan menggunakan cara lain saat membuka hutan dan atau lahan, dan juga peran aktif masyarakat serta bahu membahu dengan Polri untuk mencegah dan menekan terjadinya bencana karhutla sehingga Kotim pada tahun ini terbebas dari bencana Karhutla.

Kasat polairud Polres Kotim juga menambahkan selain peran aktif masyarakat dalam menanggulangi Karhutla juga akan terus dilakukannya koordinasi kepada instansi terkait dalam hal penangan bencana karhutla karena bencana karhutla adalah bencana bagi kita semua demikan imbuhnya (PolairudSpt-02)

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Back to Top